hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Tiga Program Kerja Kemendag dalam Quick Wins Kementerian di Bidang Perekonomian

Tiga Program Kerja Kemendag dalam Quick Wins Kementerian di Bidang Perekonomian/Dok. Ist

Peluang News, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan, pihaknya memiliki tiga program kerja yang menjadi bagian dari Program Quick Wins Kementerian di Bidang Perekonomian.

Menteri Perdagangan (Mendag), Budi Santoso menyampaikan, ketiga program kerja tersebut yaitu program Pengamanan Pasar Dalam Negeri, Perluasan Pasar Ekspor, dan Peningkatan Usaha Kecil dan Menengah Berani Inovasi, Siap Adaptasi (UKM BISA) Ekspor.

“Jadi, fokus program kerja Kementerian Perdagangan ada tiga, yaitu Pengamanan Pasar Dalam Negeri, Perluasan Pasar Ekspor, dan Peningkatan UKM BISA Ekspor. Ketiga program kerja ini menjadi sumbangsih Kemendag dalam penyusunan Program Quick Wins kementerian-kementerian di bidang perekonomian,” ujar Budi Santoso di Jakarta, Senin (4/11/2024).

Pada Program Kerja Pengamanan Pasar Dalam Negeri, ia menargetkan agar pemanfaatan 22 pasar yang dibangun pada 2024.

“Target ini ditujukan untuk mempercepat pemanfaatan 22 pasar yang dibangun menggunakan Dana Tugas Pembantuan sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 9 Tahun 2024 yang diundangkan pada 28 Mei 2024,” katanya.

Target selanjutnya, yaitu untuk penyelesaian Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) produk nilon dari Tiongkok, Thailand, dan Taiwan serta Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) pakaian jadi.

“Tujuannya adalah mengurangi potensi kerugian dan melindungi industri dalam negeri dari membanjirnya impor dan impor yang tidak adil,” ucapnya.

Kemudian, target berikutnya adalah pengawasan perdagangan berkelanjutan untuk 40 jenis produk dan pengawasan pada momen Natal dan Tahun baru (Nataru).

Dia menilai, perlu adanya dukungan terhadap kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok dan barang penting, meningkatkan barang beredar yang memenuhi ketentuan, serta memastikan konsumen mendapatkan barang dan jasa sesuai ukuran yang tertera.

Target terakhir pada program kerja ini adalah peningkatan nilai transaksi produk dalam negeri pada Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) sebesar 50 persen.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan transaksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di lokapasar.

“Sebab, kami meyakini bahwa dukungan pemerintah terhadap pasar dalam negeri memainkan peranan yang penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Terutama dalam kegiatan jual beli di tengah masyarakat, industri lokal, hingga perlindungan konsumen di Indonesia,” tuturnya.

Selanjutnya, pada Program Kerja Perluasan Pasar Ekspor, Mendag Budi menargetkan agar dapat terjadi penyelesaian tiga perundingan perdagangan bilateral Indonesia dengan tiga negara mitra, yaitu Kanada, Eurasia, dan Peru.

Saat ini, masih berlangsung perundingan Indonesia dengan Kanada dalam skema kemitraan ekonomi komprehensif (Indonesia—Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement/ICA—CEPA), dengan Eurasia dalam skema perdagangan bebas (Indonesia—Eurasian Economic Union Free Trade Agreement/IEAEU—FTA), serta dengan Peru dalam skema Indonesia— Peru CEPA.

“Ketiga perundingan tersebut telah mencapai kemajuan yang signifikan dan ditargetkan dapat mencapai penyelesaian substansi dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Selain itu, Budi juga menargetkan percepatan penyelesaian perundingan CEPA antara Indonesia dan Uni Eropa (IEU—CEPA).

Sementara pada Program Kerja UKM BISA Ekspor, Mendag Budi menetapkan lima target.

Yang pertama, pengembangan ekosistem UKM ekspor. Kedua, pembentukan dua pusat ekspor baru di luar Pulau Jawa.

“Penguatan ekosistem UKM ekspor diperlukan untuk mendorong kontribusi ekspor UKM menjadi lebih besar dan terukur. Pusat ekspor juga akan sangat berperan penting bagi para pelaku ekspor agar dapat menemukan pasar yang lebih luas,” jelas Budi.

Ketiga, tercetaknya 100 UKM ekspor hasil program UKM BISA Ekspor. Keempat, tercapainya 600 UKM yang mendapatkan pelatihan ekspor sepanjang periode 21 Oktober—31 Desember 2024, serta yang kelima yaitu optimalisasi peran perwakilan perdagangan dalam promosi ekspor UKM dengan target transaksi mencapai USD 55 juta yang didukung antara lain melalui pameran dan penjajakan kesepakatan dagang (business matching).

Oleh karena itu, dia menekankan mengenai pentingnya kontribusi para pemangku kepentingan dan jajaran Kementerian Perdagangan agar seluruh target tersebut dapat tercapai atau terealisasikan.

pasang iklan di sini