Sancor Seguros mampu mempertahankan semua 3.330 karyawannya, terus bekerja secara Work From Home dengan menciptakan jaringan internal untuk menjaga kolaborasi dan kerja tim, meskipun jarak fisik, bahkan menawarkan suntikan vaksinasi untuk semua karyawan dan keluarga mereka.
Argentina negeri yang punya tragedi sejarah politik diabadikan lewat sebuah lagu bertajuk “Dont Cry For Argentina” pada 1976 yang pertama kali dipopulerkan oleh penyanyi asal Inggris Julie Covington dimaksudkan untuk sosok Evita Peron, istri Presiden Argentina Juan Peron sejak 1946 hingga 1955. Ketika dia meninggal pada 26 Juli 1952 rakyat Argentina menangisi kematiannya.
Ketika pandemi Covid-19 mulai berdampak sejumlah bisnis di Argentiba terimbas dan menangis. Tetapi tidak demikian dengan koperasi asuransi Sancor Seguros. Koperasi ini mengambil tindakan cepat untuk memastikan kesejahteraan anggotanya.
Laporan Ica News menyebutkan, koperasi ini hingga akhir Juni 2021 ini tetap kukuh dengan 9,3 juta anggota yang diasuransikan dan total pendapatan premi tahunan mencapai 1,1 miliar dolar AS.
Selain tetap melanjutkan tingkat layanannya yang biasa, Sancor Seguros mencari cara untuk membantu anggota dan karyawan melalui pandemi. Sebagai bagian dari ini, dibentuklah Komite Krisis 24/7 untuk mengidentifikasi potensi risiko dan peluang untuk mendapatkan dukungan.
Ketika bisnis lain melakukan PHK, Sancor Seguros mampu mempertahankan semua 3.330 karyawannya, yang terus bekerja dari jarak jauh alias Work From Home. Koperasi menciptakan jaringan internal untuk menjaga kolaborasi dan kerja tim, meskipun jarak fisik. Itu juga menawarkan vaksinasi menangkal Covid-19 untuk semua karyawan dan keluarga mereka.
Untuk lebih mendukung stafnya, Sancor Seguros meluncurkan saluran telepon bagi mereka untuk mengakses dukungan dari departemen medisnya. Saluran “Hubungi dokter” juga tersedia bagi anggota dan klien untuk mencegah mereka pergi ke rumah sakit karena masalah kecil, mengurangi tekanan pada sistem kesehatan.
Platform ini menawarkan akses ke profesional kesehatan 24/7 melalui panggilan video. Mereka yang memperoleh manfaat dari asuransi otomotif atau keluarga dapat mengakses layanan Bantuan Psikologis dan Gizi melalui saluran bantuan yang menawarkan dukungan dan nasihat profesional dengan kesepian, kesedihan, depresi, kesedihan, serangan panik, kecemasan dan stres, serta informasi tentang makan sehat.
Klien dengan rencana asuransi jiwa diizinkan untuk menarik hingga 50% dari saldo mereka, tanpa biaya penarikan tambahan. Selain itu, koperasi memutuskan untuk memasukkan perlindungan asuransi dalam kebijakan Tabungan Jiwa / Investasi Jiwa, untuk klaim yang disebabkan oleh Covid-19.
Untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang berubah, koperasi menambahkan dua produk baru: Home Office – yang memberikan perlindungan menyeluruh, baik untuk individu yang bekerja dari rumah maupun bahan yang digunakan; dan Vida Covid-19, polis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan khusus untuk Covid-19.
Perusahaan asuransi juga memperhatikan komunitas lokalnya. Saluran bantuan “Panggil Dokter” diperluas ke seluruh komunitas Sunchales, di mana kantor pusat koperasi berada. Sancor Seguros juga berkontribusi pada pembelian peralatan yang diperlukan untuk memungkinkan lebih banyak tempat tidur
Unit Perawatan Intensif rumah sakit setempat untuk merawat pasien Covid-19. Serangkaian penggalangan dana diselenggarakan untuk mendukung badan amal lokal, didorong oleh kontribusi langsung dari Sancor Seguros.
Koperasi ini juga mendukung platform “Belajar di rumah”, yang memiliki lebih dari 3.000 konten gratis untuk siswa tingkat dasar dan menengah yang belajar dari jarak jauh.
Sebagai bagian dari skema sukarela, Sancor Seguros meluncurkan saluran bantuan untuk memberikan dukungan emosional dan informasi kepada pensiunan dewasa dan pensiunan yang merupakan mantan karyawan. Sebanyak 86 anggota menjadi sukarelawan untuk saluran bantuan dan layanan mendengarkan.
Selain langkah-langkah ini, Sancor Seguros memprioritaskan penggunaan saluran digital untuk memastikan anggota dapat mengakses layanannya secara daring.
Dampak Covid-19
Dampak utama Covid-19 pada sektor asuransi adalah hilangnya likuiditas setelah penurunan koleksi premi. Namun, Sancor Seguros mengatakan mampu menghadapi tantangan ini karena pendekatannya yang berwawasan ke depan dan hati-hati. Koperasi memiliki tingkat keuangan terbaik di pasar dan kekayaan bersih tertinggi di industri asuransi.
Setelah pandemi, Sancor Seguros akan mengembangkan produk baru untuk potensi krisis kesehatan di masa depan dan bekerja dari rumah. Perusahaan asuransi tidak memperkirakan perubahan besar tetapi mengharapkan peningkatan fokus pada digital.
Identitas koperasi memainkan peran positif selama krisis, kata Sancor Seguros, karena membantu memposisikan dirinya sebagai perusahaan asuransi terpercaya yang didedikasikan untuk komunitas lokalnya.
Koperasi bernama lengkap Sancor Cooperativa de Seguros Ltda berdiri di Sunchales, Santa Fe, pada tahun 1945, dengan kantor pusatnya di Sunchales. Koperasi ini mampu berkembang ke seluruh negeri, Uruguay, Paraguay, Brasil, dan Kolombia. Kekuatannya bukan hanya dalam hal penagihan, tetapi juga karena pekerjaan yang diketahui dilakukan dalam keamanan dan pencegahan dan karena citra dan transparansi.
Ada pun jasa asuransi yang ditawarkan meliputi 12 produk, mulai dari asuransi jiwa dan kesehatan, rumah, kendaraan, kecelakaan, pekerja, ternak dan pendidikan dan sebagainya. Laporan keuangan pada 2019 menyebutkan, koperasi ini menargetkan menyisihkan kredit dan bantuan keuangan bagi karyawan dengan budget 100 juta dolar per tahun dan 57.314 jam pelatihan untuk semua karyawannya, serta menyediakan 533 beasiswa untuk belajar di institut koperasi. Selain itu disiapkan dana sebesar 88 juta dolar AS untuk klaim perubahan iklim (Irvan/berbagai sumber)