hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

TEI 2025 Targetkan Transaksi USD 16,5 Miliar, Dorong UKM Tembus Dunia

Konferensi Pers Pelaksanaan TEI 2025 di ICE BSD City, Senin (29/9).
Konferensi Pers Pelaksanaan TEI 2025 di ICE BSD City, Senin (29/9).

PeluangNews, Jakarta-Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Fajarini Puntodewi, mengajak para pelaku usaha Indonesia untuk tidak melewatkan kesempatan emas di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2025.

“Dengan ribuan peserta dan buyer yang terus meningkat setiap harinya, TEI 2025 membuka peluang produk Indonesia untuk menemukan peminatnya di pasar global. Strategi ini merupakan komitmen nyata bahwa ekspor tidak hanya untuk pelaku usaha besar, tetapi juga untuk pelaku usaha desa dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM),” kata Puntodewi dalam Konferensi Pers Pelaksanaan TEI 2025 di ICE BSD City, Senin (29/9).

Tahun ini, TEI mengusung tema “Discover Indonesia’s Excellence: Trade Beyond Boundaries.” Hingga saat ini, tercatat 1.015 peserta pameran dan 6.847 buyer dari 106 negara telah mendaftar. Puntodewi menargetkan capaian transaksi mencapai USD 16,5 miliar dengan partisipasi sedikitnya 1.500 peserta pameran dan 30.000 pengunjung.

“Buyer yang mendaftar sudah melampaui target dan setiap hari masih terus bertambah. Kami menyambut para pelaku usaha Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang unjuk diri memamerkan produk-produk terbaiknya,” ujarnya.

Untuk pertama kalinya, TEI menghadirkan stan “Desa Orientasi Ekspor” serta Paviliun UMKM BISA Ekspor sebagai ruang khusus bagi pelaku usaha desa dan UMKM. Selain itu, TEI 2025 juga memperkenalkan mekanisme pra-business matching agar pertemuan bisnis lebih tepat sasaran.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Denny Abdi, menegaskan dukungan penuh. “TEI bukan hanya menjadi ajang jual beli, melainkan juga kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia. Dari transaksi dagang, peluang investasi, hingga promosi pariwisata dapat dimulai di TEI 2025. Maka, penting bagi kita sebagai tuan rumah untuk menghadirkan pengalaman positif bagi buyer mancanegara,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari dunia perbankan. Heru Rizky Jiwayani, Government Business Head PT Bank Mandiri (Persero), menyatakan, “Sebagai official bank partner, Bank Mandiri menghadirkan layanan Kopra by Mandiri dan Kopra Beyond Border untuk memudahkan transaksi perdagangan internasional yang cepat, aman, dan efisien. Dukungan perbankan dapat memperkuat daya saing Indonesia di pasar global.”

Sementara itu, Vibiadhi Swasti Pradana dari PT Debindo Multi Adhiwasti menjelaskan bahwa TEI tahun ini akan digelar di tujuh hall ICE BSD dengan dukungan promosi dari 116 media partner dan kerja sama dengan lebih dari 30 hotel untuk buyer internasional. “Produk-produk terbaik Indonesia akan semakin diperhitungkan dunia melalui TEI,” katanya.

Sebagai apresiasi, TEI 2025 akan memberikan Media Award bagi media yang aktif menyebarkan informasi dan Loyal Exhibitor Award bagi peserta pameran yang rutin mendukung gelaran ini.

pasang iklan di sini