Waktu adalah sumber daya paling berharga. Gunakan setiap menit hidup kerja anda dengan cara yang paling efektif. Jangan buang waktu untuk aktivitas penjualan tidak berskala.
DALAM pemasaran, beberapa strategi perlu dipersiapkan sekaligus. Jika anda tidak memilikinya, atau menjalankan strategi yang salah, gampang diprediksi bisnis anda bakal berakhir dengan kerugian. Selain memiliki strategi dan tak keliru dalam penerapannya, efektivitas pemasaran juga penting. Artinya, anda perlu memiliki strategi penjualan yang khas, yang menjadikan anda berbeda dengan kompetitor.
Boleh-boleh saja anda coba strategi penjualan secara personal. Untuk itu siapkan diri menghabiskan banyak waktu untuk mengenal setiap klien secara individual. Lalu jelaskan kepada mereka produk atau layanan anda, manfaat, dan poin-poin keunggulannya. Anda bisa mempengaruhi dan memprospek klien secara pribadi, serta berharap menjadikan mereka sebagai pelanggan langganan.
Sebagai wirausahawan, waktu merupakan sumber daya paling berharga. Cerdas dan cermatlah memanfaatkannya. Disadari atau tidak, waktu niscaya berjalan terus, tanpa mungkin di-rewind. Maka, sudah semestinya anda menghabiskan setiap menit hidup kerja anda dengan cara yang paling efektif. Artinya, anda dituntut mampu meningkatkan (kualitas) waktu penasaran untuk memperoleh hasil maksimal.
Lalu, di mana beda antara penjualan dan pemasaran? Bila anda memimpin orang-orang di sekitar toko anda, menunjukkan barang dagangan anda dan meminta mereka menguji beberapa produk, anda sedang dalam penjualan. Bila anda memungkinkan orang untuk mencoba berbagai hal dan menggunakan internet untuk mendapatkan informasi, anda sedang dalam pemasaran.
Tujuan utama anda adalah mengurangi waktu yang hanya habis untuk penjualan ke nol, dan melimpahkan semuanya untuk pemasaran. Memang tidak mungkin anda akan benar-benar mencapai tahap penjualan nol itu, tapi ini tujuan yang akan sangat berguna. Bagian dari pekerjaan pemasaran adalah memprioritaskan gagasan dan permintaan untuk membangun bisnis. Tujuan akhirnya adalah mencapai hal-hal yang mengagumkan.
Bagian layanan juga merupakan area dimana pemasaran berperan. Sebab, semua kontak klien adalah peluang untuk pemasaran. Bila anda memiliki produk dan layanan yang hebat, banyak orang akan dengan bersemangat memilih menjadi pelanggan anda. Jika bukan itu masalahnya, ada kurang dalam pemasaran, bukan dalam penjualan. Beberapa orang akan berpendapat bahwa ada produk dan layanan yang membutuhkan sentuhan pribadi.
Beberapa orang akan mengatakan, misalnya, anda tidak bisa hanya membuat orang mengendarai Mercedes-Benz E-Class tanpa tenaga penjual yang membimbing mereka melalui proses tersebut. Ide seperti itu tidak layakl disepakati. Produk high-end memang membutuhkan sentuhan pribadi, tapi itu bukan penjualan. Itu adalah layanan, yang untuk itu orang layak membayarnya. Layanan ini hadir dengan produk. Ini dimulai sebelum pembelian riil, dan berlanjut jauh setelahnya.
Pemasaran seharusnya sudah mempengaruhi dan meyakinkan klien. Jangan buang waktu pada penjualan karena aktivitas penjualan tidak berskala. Itu artinya anda beroperasi dalam mode kegagalan. Layanan dan pemasaran seyogianya membuat dan mengomunikasikan sesuatu yang menurut pelanggan mengagumkan. Adalah sesuatu yang luar biasa ketika diri anda berada dalam skala itu, ketika klien membayar harga premium untuk layanan pribadi.●(Nay)