Peluang, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengakui, lonjakan pelanggan Kereta Api (KA) pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 mengalami kenaikan hingga 10% dari target pelanggan sebanyak 4.007.878. Jadi, KAI melayani 2.320.614 pelanggan KA Jarak Jauh dan 2.086.663 pelanggan KA Lokal.
Adapun jika dibandingkan dengan tempat duduk yang disediakan sebanyak 5.382.932 tempat duduk, okupansi Nataru 2022/2023 cukup baik dengan mencapai 82%. Selama masa Nataru tersebut, KAI melayani total 4.407.277 pelanggan KA atau rata-rata 244.849 pelanggan per hari. Jumlah tersebut meningkat 123% dibanding periode Nataru 2021/2022 dimana KAI melayani 1.980.269 pelanggan.
Adanya kenaikan tersebut dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Nataru. Total perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 8.871 perjalanan KA atau rata-rata 492 perjalanan KA per hari, naik 31% dibanding jumlah perjalanan KA pada periode Nataru 2021/2022 sebanyak 6.757 perjalanan KA atau rata-rata 375 perjalanan KA per hari.
“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kepada kami untuk bertransportasi di masa Nataru ini. Selama angkutan Nataru 2022/2023 ini secara umum berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali dengan zero accident,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan lamnnya, Selasa (10/1/2023).
Secara umum lanjut dia, adanya peningkatan kinerja operasional dengan membaiknya program perencanaan Angkutan Nataru serta ditandai dari sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan ataupun kedatangan kereta api yaitu mencapai 96%. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan masa Nataru 2019/2020 sebesar 86%.
“Pencapaian tahun ini akan kami jadikan pemicu untuk terus bekerja keras secara extraordinary dengan mengupayakan target penumpang KAI kembali pada kondisi normal, recovery yang lebih baik,” ungkap Didiek.
Puncak volume pelanggan pada periode Nataru 2022/2023 terjadi pada Minggu, 1 Januari 2023 sebanyak 285.508 pelanggan. Relasi favorit pada Nataru ini yaitu Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Purwokerto pp, Bandung – Surabaya pp, Yogyakarta – Surabaya pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, dan lainnya. Adapun stasiun terpadat yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, Bandung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan lainnya.
Dalam penjualan tiket, ungkap dia, KAI mencatat transaksi penjualan tiket KA Jarak Jauh dan Lokal yang berangkat pada masa angkutan Nataru 2022/2023 didominasi melalui KAI Access sebesar 58% dan melalui channel eksternal sebesar 29%.
Meski ada peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan Nataru 2021/2022, namun kata Didiek, volume pelanggan yang KAI layani di masa Nataru 2022/2023 ini masih lebih rendah 26% dibanding masa libur Nataru sebelum Pandemi yaitu tahun 2019/2020 sebanyak 5.919.918 pelanggan. (alb)