JAKARTA—Dampak dari pandemi diikuti kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat seperti PPKM mendorong pertumbuhan pengguna internet. Mereka mengakses berbagai layanan secara daring yang biasanya didapat dari secara fisik.
Google Indonesia mencatat terdapat 21 juta pengguna internet baru pada 2021. Sebagian besar dari jumlah tersebut merupakan masyarakat yang berasal dari luar perkotaan (non metro).
Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra dalam diskusi virtual, Selasa (22/2/22) menyampaikan para pengguna baru itu menyatakan akan bertahan dalam pemanfaatan ekosistem digital.
“Pada 2022 ini, perpindahan masyarakat atau konsumen Indonesia ke digital itu terus berlanjut,” ujar Yolanda.
Kondisi itu juga tercermin pada kebiasaan masyarakat Indonesia yang mulai beradaptasi dengan konsep hybrid lifestyle. Misalnya, masyarakat telah terbiasa memanfaatkan virtual showroom selama pandemi. Selain itu, tren “Game Among Us” juga menjadi salah satu contoh dari pergeseran kebiasaan tersebut.
Orang Indonesia membuka “Google Search” untuk mencari ide dan inspirasi, tetapi juga untuk memahami perubahan dan tantangan yang dihadirkan oleh pandemi.