
Peluang News, Jakarta – Usai sukses menggelar berbagai webinar pada beberapa waktu terakhir, kini Hayed Consulting kembali menggelar webinar untuk membagikan pengetahuan atau wawasan mengenai bisnis, pada Kamis (29/8/2024).
Dalam webinar tersebut, narasumber yang juga merupakan Dosen Akuntansi FEB Universitas Islam Bandung (UNISBA), Andhika Anandya menyampaikan, terdapat beberapa hal yang menjadi alasan dari kegagalan bisnis.
Namun, sebelum membahas tentang kegagalan bisnis, ia terlebih dahulu menjelaskan mengenai hal-hal yang mendasari seseorang saat terjun ke dunia bisnis.
“Tentunya kita harus mengetahui bahwa kenapa sebetulnya kita memulai bisnis. Itu adalah pertanyaan yang harus kita ketahui terlebih dahulu,” kata Andhika dalam webinar bertajuk ‘Bisnis Sehat, Krisis Lewat’ tersebut.
“Apakah mungkin karena adanya peluang, potensi usaha, atau karena terpaksa, itu bahaya. Atau malah suka, hobi akan kesukaan sesuatu terhadap minat tersebut,” tambahnya.
Apalagi, menurutnya, terkadang orang-orang lupa bahwa bisnis bukan hanya tentang berjualan, melainkan juga seluruh rangkaian dari hulu hingga ke hilir.
Oleh sebab itu, ia mengatakan, bisnis merupakan sebuah perjalanan tanpa henti yang membutuhkan continuous improvement.
“Jadi, untuk branding dan selling itu ternyata hanya sepersekian kecil dalam perjalanan yang sangat luar biasa melelahkan,” ucapnya.
Lebih lanjut, ia memaparkan, setidaknya terdapat sejumlah hal yang menyebabkan kegagalan bisnis tersebut, di antaranya yaitu kurangnya perencanaan, permodalan yang tidak cukup, kesalahan dalam manajemen, hingga adanya persaingan yang ketat.
Oleh karena itu, Andhika membeberkan beberapa tips yang harus dilakukan guna mencegah atau memitigasi kegagalan-kegagalan tersebut.
Adapun beberapa tips itu seperti melakukan pemahaman mengenai dasar-dasar tentang risiko dalam bisnis, seperti risiko finansial, operasional, pasar, serta risiko hukum dan regulasi.
“Lakukanlah analisis SWOT, riset pasar, kemudian konsultasikan hal tersebut dengan para ahli, dan pantaulah lingkungan bisnis tersebut apakah masih relevan atau tidak dengan bisnis kita,” jelas Andhika.
Selain itu, kita juga harus melakukan dan memperhatikan diversifikasi, manajemen risiko, asuransi, dan kontrak agar bisnis yang kita tekuni dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Tak hanya itu, guna menghindari kegagalan dan membangun bisnis yang tangguh tersebut, setiap orang harus dapat membuat perencanaan yang matang, manajemen keuangan yang solid, melakukan adaptasi dan inovasi.
Lalu, juga harus memahami target audiens, membuat perencanaan bisnis yang komprehensif, serta melakukan benchmarking yang berhasil dan bertahan.