hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Sejak 2020 hingga 2021, Kemendag Terima 9.500 Pengaduan Terkait Perdagangan Daring

JAKARTA—Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan RI, Veri Anggrijono  menyampaikan pihaknya sudah menerima 9.500 pengaduan dari konsumen karena merasa dirugikan terkait perdagangan daring  semenjak adanya pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

“Agar masyarakat atau konsumen tidak dirugikan dalam bertransaksi, maka perlu adanya edukasi dan pendampingan kepada masyakat agar masyarakat mengerti, sehingga bisa melakukan transaksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Veri usai penandantangan kerja sama perlindungan konsumen dengan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Agus Prihartono di Serang, Selasa (28/12/21).

Veri mengatakan, kerja sama dengan berbaik pihak, termasuk kalangan perguruan tinggi untuk mereduksi  transaksi daring selama ini banyak terjadi pengaduan bisa diminimalisir. Masyarakat mengerti dan mereka tahu untuk melakukan transaki sesuai dengan ketentuan.

Selama ini ada lembaga di daerah yang disiapkan untuk penyelesaian sengketa konsumen yakni Badan Penyelesaian Sengket konsumen (BPSK).  Sayangnya  keberadaan lembaga tersebut belum optimal karena berbagai keterbatasan.


pasang iklan di sini