hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Rumus Klasik Penetrasi Produk Baru

Mencari cuan tidak hanya menjual dengan harga murah agar cepat laku. Ada aturan dan pola khusus yang harus anda lakukan.

MEMASARKAN produk baru biasanya rada sulit. Apalagi produk itu sama sekali belum dikenal masyarakat luas. Hal ini sebenarnya jadi tantangan tersendiri untuk para pengusaha. Mereka harus mencoba berbagai cara memasarkan agar produk tersebut diterima pasar. Termasuk dengan pengeluaran biaya yang tak kecil.

Tidak cukup hanya dengan pengeluaran biaya besar, tapi juga harus punya strategi pemasaran yang tepat. Tanpa strategi yang jitu, bisnis yang anda usahakan bukannya untung tapi malah buntung. Mencari cuan tidak hanya menjual dengan harga murah agar cepat laku. Dalam hal ini ada aturan dan pola khusus yang harus anda lakukan. Apa aja? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Awali dengan riset pasar

Melakukan riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui potensi produk yang akan dijual, potensi konsumen, persaingan, daya tarik, dan tingkat strategis tempat pemasaran. Jika penelitian menunjukkan hasil positif, produk siap dipasarkan. Namun jika hasil riset menunjukkan rendana minat konsumen, anda bisa mengevaluasi produk dengan memberikan nilai lebih/nilai tambah terlebih dahulu.

Peka terhadap kebutuhan konsumen

Kebutuhan dan keinginan konsumen berubah seiring perkembangan zaman. Jika para pelaku usaha tidak peka, mereka akan tertinggal dan kalah saing. Maka, cobalah untuk menawarkan produk yang sedang mereka butuhkan. Hal ini salah satu strategi pemanasaran yang ampuh untuk menarik minat konsumen.

Lakukan promosi yang efektif

Tanpa melakukan promosi, produk yang anda jual akan sulit dikenal orang, apalagi produk yang ana jual adalah produk baru. Karenanya, promosi wajib dilakukan untuk mengenalkan produk anda ke pasaran. Strategi promosi yang dapat dilakukan adalah menunjukkan kualitas produk, memberikan diskon atau kupon belanja, dan memberikan testimonial positif terhadap produk yang dijual.

Manfaatkan sosial media

Menggunakan sosial media untuk memasarkan produk baru harus anda lakukan, karena penggunaan sosial media di seluruh dunia semakin hari semakin bertambah, dan hal  ini bisa menjadi peluang untung bisnis anda. Anda bisa memasarkan produk anda di Instagram, Twitter, Facebook, atau beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada.

Berikan pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen dan akan berdampak pada perkembangan produk baru. Memberikan pelayanan terbaik juga menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas produk anda. Semakin baik kualitas pelayanan yang anda berikan, semakin luas juga jangkauan pasar anda. Sebaliknya, jika kualitas pelayanan buruk, konsumen akan meninggalkan produk anda.

Kerja sama dengan dropshiper dan reseller

Memasarkan produk dengan bantuan dropship dan reseller banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Tak sedikit dari mereka yang sukses berkat bantuan dropshiper dan reseller. Perlu diingat baik-baik: Jangan asal memilih reseller dan dropshiper. Agar tidak amsiong, anda harus menetapkan target penjualan sebelum melakukan kerja sama. Selain itu, anda juga bisa membuat sistem pemasaran distributor antar-reseller agar produk anda merata ke seluruh daerah yang menjadi target pasar anda.

Beberapa cara di atas lumayan ampuh untuk memasarkan produk baru, bahkan untuk pemula sekalipun. Yakinlah, jika anda melakukan strategi pemasaran dengan tepat, produk yang anda pasarkan akan mampu bersaing dengan produk sejenis; bahkan dengan brand yang lebih terkenal. Selamat mencoba●(Nay)

pasang iklan di sini