Biaya promo produk/jasa memang tak murah. Tapi bisa diakali agar tak mahal-mahal amat. Sebut saja dari kepedulain menjaga kualitas, sebar selebaran dan stiker, hingga bermitra dengan agen perjalanan.
KEAHLIAN memasak makanan yang lezat memang faktor. Tapi itu bukan satu-satunya penentu dalam bisnis kuliner. Cara promosi usaha merupakan faktor penting lain yang jangan pernah disepelekan. Lalu, jalankan strategi yang efektif dalam mencitrakan produk kuliner anda. Berikut beberapa tips cara promo usaha makanan yang layak diterapkan.
- Konsistensi kualitas. Mempertahankan kualitas yang sudah dihasilkan sejak awal merupakan utama. Standar mutu harus terkendali. Jangan sampai menurun. Perhatikan SOP memasak di bisnis anda agar kualitas makanan anda stabil dari waktu ke waktu. Usahakan secara sangat serius agar anda tidak sampai mengecewakan pelanggan.
- Manfaatkan momentum. Pelanggan baru dan pelanggan tetap bisa juga didapat dengan keikutsertaan anda dalam kegiatan bazar, eksibisi, pasar malam, dan perayaan momen tertentu atau yang menghadirkan keramaian. Anda bisa memberikan diskon untuk paket makanan tertentu. Promosi ini juga bisa dilakukan melalui media sosial.
- Buat dan sebar selebaran. Cara promosi usaha makanan dengan trik yang satu ini cukup efektif untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang baru dan belum mengenal usaha anda. Rancang selebaran tersebut dibuat dengan desain dan informasi yang mudah diingat. Cantumkan alamat dan kontak tempat usaha anda. Tambahkan resep makanan yang menjadi andalan anda, atau informasi dan pengetahuan tentang bahan-bahan makanan, dan informasi lain yang relevan.
- Buat dan pasang stiker di tempat strategis. Trik seperti ini sudah cukup sering kita lihat. Namun, pastikan anda tidak memasang stiker di tempat yang dilarang. Misalnya di fasilitas umum dan properti pribadi. Bisa-bisa, efek yang timbul justru berbalik negative.
- 5. Bergabung dengan komunitas. Ada baiknya anda bergabung dengan komunitas yang relevan dengan bisnis a Dengan memiliki komunitas yang aktif, kegiatan saling berbagi informasi antar anggota akan memberi anda peluang baru.
- 6. Manfaatkan media sosial. Hari gini siapa sih yang tidak pakai media sosial, terutama kaum milenial? Promosi di medsos tidak hanya tentang penjualan langsung, tapi juga branding dan membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat. Dengan medsos, kita juga bisa mengumpulkan data base calon pelanggan potensial.
- 7. Perkenalkan bisnis anda ke instansi terkait. Jika anda menjual kuliner khas daerah, anda bisa menghubungi Dinas Pariwisata atau Departmen Perindustrian, dan instansi terkait, untuk bekerjasama membangun pariwisata dan juga memperkenalkan makanan khas daerah kepada wisatawan yang datang.
- 8. Kerja sama dengan agen perjalanan. Ini adalah cara promosi usaha makanan yang tidak banyak dilakukan saat ini. Namun, jika kita bicara tentang kuliner khas daerah, akan sangat relevan bila bekerja sama dengan agen perjalanan. Anda bisa menawarkan komisi kepada mitra yang bersedia membantu promosi kuliner a Setiap kali ada turis yang berbelanja di tempat anda, agen tersebut mendapatkan komisi sebagai ganjaran.●