hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Program Ekspor Shopee, Atasi Kendala Produk UMKM

Jakarta – Shopee Indonesia mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan hingga ke mancanegara dengan program ekspor Shopee. Hal tersebut guna mengatasi terkendalanya produk UMKM dalam pendistribusian barang yang tidak maksimal.

Produk-produk hasil karya Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia ternyata masih saja menemui kesulitan dalam menembus pasar ekspor. Susahnya merambah pasar ekspor yang dialami oleh perajin usaha mengaku kesulitan mengakses pasar ekspor. Pasalnya, mereka terbentur proses perizinan pasar ekspor yang terlalu lama dan memerlukan biaya besar.

Kini pelaku UMKM tidak usah bingung untuk menghadapi tantangan di era serba digital saat ini. Dengan digitalisasi, pelaku UMKM dapat memanfaatkan untuk berjualan ke berbagai negara dengan mudah tanpa hambatan.

Saat ini, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan e-commerce Shopee. Dengan program Ekspor Shopee dapat memasarkan produknya ke berbagai negara Asia, Eropa maupun Amerika Latin.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyampaikan, dengan memanfaatkan program Ekspor Shopee, pelaku UMKM bisa merasakan keuntungan yang didapatkannya. Selain bisa meningkatkan penjualan yang lebih luas, juga tidak mengeluarkan biaya untuk pengiriman, prosesnya pun sangat mudah dilakukan.

“Shopee ingin menjadikan pelaku UMKM naik kelas. Kini kami hadirkan dengan program Ekspor Shopee. Kami berharap bisa semakin meningkatkan visibilitas bagi pelaku UMKM agar produknya bisa semakin dikenal dan berjaya baik di dalam maupun luar negeri,” kata Monica dalam keterangan tertulisnya beberapa hari yang lalu.

Dengan program Ekspor Shopee, pelaku UMKM bisa merasakan berjualan ke berbagai negara dengan mudah dan sama saja dengan berjualan di Indonesia. Dengan program tersebut, pengiriman dan pelayanan pembeli ke luar negeri akan diproses oleh pihak Shopee.

Mulai dari pengelolaan toko, seperti pembuatan toko untuk pasar luar negeri, pengelolaan produk dan stok, pengaturan harga, pelayanan chat pembeli, sampai proses pengiriman. Para penjual tinggal bantu produksi barangnya dan penuhi standar yang sudah Shopee tentukan.

Monica menambahkan, program Ekspor Shopee juga memiliki dashboard yang dibuat khusus agar para penjual bisa melihat performa toko mereka di luar negeri.

“Dashboard ini bisa digunakan untuk memantau dan mengevaluasi performa penjualan di toko luar negeri. Jadi, para pelaku UMKM tahu langkah strategi untuk meningkatkan penjualan hingga ke mancanegara,” tandasnya.

pasang iklan di sini