
PeluangNews, Jakarta – Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman mengungkapkan rasa bangganya terhadap kualitas produk outdoor lokal yang kini semakin mampu bersaing dengan merek-merek luar negeri.
Sebagai pengguna langsung perlengkapan kegiatan luar ruang, Maman mengaku bisa merasakan betul peningkatan mutu produk lokal dari waktu ke waktu.
“Produk lokal tidak kalah hebat. Bahkan hampir tak ada bedanya dengan produk luar. Ini terbukti dari dominasi brand lokal di ajang Indofest 2025, yang menguasai sekitar 75,1 persen pangsa pasar peralatan dan perlengkapan mendaki,” kata Maman dalam pembukaan Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2025 di Jakarta, Kamis (12/6).
Ia menyebut keberhasilan tersebut tak lepas dari kreativitas para pelaku UMKM dalam berinovasi, memanfaatkan pemasaran digital, serta menggali nilai-nilai lokal dalam produk mereka.
“Ini mendorong pengusaha UMKM untuk naik kelas, memperluas jaringan dengan komunitas dan usaha besar, serta menghasilkan produk bernilai tinggi,” tambahnya.
Maman juga mengutip laporan 6Wresearch yang memproyeksikan nilai pasar peralatan hiking di Indonesia akan mencapai Rp1,26 triliun (78 juta dolar AS) pada 2025, dengan pertumbuhan tahunan 12,1 persen sejak 2021.
Untuk mendorong pertumbuhan itu, Kementerian UMKM terus memberikan pendampingan, termasuk akses pembiayaan berbasis klaster dan perluasan pasar. (RO)