hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Perkuat Layanan Digital UMKM, Gojek Akusisi Moka

JAKARTA—-Gojek menyampaikan, bahwa perusahaan teknologi ini melakukan akusisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasisr digital. Dengan langkah ini Gojek dan Moka menggabungkan layanan untuk menawarkan solusi  terintegrasi bagi mitra usaha, terutama UMKM.     

Pada masa pandemi Covid-19, bisnis yang bergerak dengan cara daring (online) memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline. Dengan akuisisi ini, mitra usaha yang terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS) akan lebih terintegrasi.

Diharapkan langkah ini mendongkrak  pertumbuhan dan digitalisasi UMKM di Indonesia.

 Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, pihaknya  berupaya untuk terus membantu pelaku bisnis offline menuju bisnis daring.

“Bekerja sama dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini,” ujar Andre Soelistyo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (30/4/20).

Moka, telah digunakan oleh 40 ribu pebisnis di 200 kota di Indonesia. Moka memberikan solusi yang terdiri dari perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

Sementara Gojek, memiliki layanan GoBiz, yang digunakan lebih dari 500 ribu mitra merchant di Indonesia. Sebanyak 96 persen dari angka tersebut adalah UMKM.

Lanu Andre, selama ini, pelaku usaha masih harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda. Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz.

Dengan adanya akuisisi ini, kedua perusahaan bisa menggabungkan layanan tersebut, sehingga diharapkan dapat membantu lebih banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem daring dan memperkecil jarak antara platform offline dan online.

Sementara CEO dan Co-Founder Moka Haryanto Tanio mengatakan, akuisisi ini  mendorong percepatan pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia.

“Integrasi ini akan membuka akses jaringan para pelaku usaha kepada ratusan juta pengguna platform Gojek dan mendapatkan transaksi langsung dari layanan seperti GoFood,” papar Haryanto.

Berbagai layanan Gojek yang memberi solusi untuk pelaku usaha akan memudahkan para mitra pelaku usaha kami untuk menjalankan bisnis dengan sukses, baik secara online maupun offline.

“Ini jadi strategi krusial untuk usaha kecil tetap bertahan di tengah keadaan pandemi seperti sekarang ini,” ucap dia.

Moka akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek. Ekosistem tersebut terdiri dari GoBiz, aplikasi untuk para merchant dari Gojek yang menaungi GoFood, GoPay, dan layanan lainnya, termasuk penyedia layanan pembayaran online, Midtrans, dan penyedia layanan pembayaran offline dan sistem POS, Spots.

pasang iklan di sini