
Peluang News, Jakarta – Penjualan tiket kereta api jarak jauh untuk musim mudik lebaran hingga 8 Maret 2025 pukul 07.00 telah terjual 1.716.005 tiket atau setara dengan 49,83% dari total kapasitas yang telah disediakan.
Selama periode angkutan lebaran yang berlangsung selama 22 hari, mulai dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI menyediakan kapasitas angkut hingga 4.591.510 tempat duduk. Dari total kapasitas tersebut, sebanyak 3.443.832 kursi diperuntukkan bagi layanan Kereta Api Jarak Jauh, sementara 1.147.678 kursi lainnya disediakan untuk KA Lokal yang beroperasi di berbagai wilayah di Pulau Jawa dan Sumatera.
“Untuk KA Lokal jumlah tiket yang telah dibeli pelanggan mencapai 28.089 tiket atau sekitar 2,45% dari total yang tersedia. Penjualan tiket KA Lokal masih cenderung rendah karena periode pemesanan baru dibuka H-30 sebelum keberangkatan, serta sebagian besar tiket KA Lokal baru bisa dipesan pada H-7,” ungkap Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Anne Purba, Sabtu (8/3).
Anne menjelaskan bahwa berdasarkan tren pemesanan, puncak penjualan tiket KA Jarak Jauh sementara ini terjadi pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025. Pada tanggal tersebut, jumlah tiket yang telah terjual mencapai 115.498 tiket dalam satu hari. Angka tersebut berpotensi mengalami peningkatan mengingat proses pemesanan tiket masih terus berlangsung hingga saat ini.
Hingga saat ini, penjualan tiket eksekutif terbanyak adalah KA Pandalungan relasi Gambir-Jember, yaitu sebanyak 7.884 penumpang dan rute sebaliknya yaitu Jember – Gambir sebanyak 7.402 penumpang.
Ini adalah daftar 10 KA Kelas Eksekutif dengan tingkat penjualan tertinggi:
- KA Pandalungan (KA 32) relasi Gambir – Jember: 7.884 Penumpang
- KA Pandalungan (KA 31) relasi Jember – Gambir: 7.402 Penumpang
- KA Argo Semeru (KA 6) relasi Gambir – Surabaya Gubeng: 5.114 Penumpang
- KA Argo Merbabu (KA 24) relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng: 4.483 Penumpang
- KA Argo Semeru (KA 5) relasi Surabaya Gubeng – Gambir: 4.477 Penumpang
- KA Bima (KA 8) relasi Gambir – Surabaya Gubeng: 4.250 Penumpang
- KA Taksaka (KA 46) relasi Gambir – Yogyakarta: 4.212 Penumpang
- KA Manahan (KA 62) relasi Gambir – Solo Balapan: 4.111 Penumpang
- KA Purwojaya (KA 54) relasi Gambir – Cilacap: 4.098 Penumpang
- KA Blambangan Ekspres (KA 146) relasi Pasarsenen – Ketapang: 4.072 Penumpang
Anne mengimbau kepada pelanggan yang belum mendapatkan tiket sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan untuk mempertimbangkan alternatif jadwal perjalanan lainnya guna meningkatkan peluang memperoleh tiket.
KAI telah mengambil berbagai langkah strategis, termasuk optimalisasi petugas di seluruh titik layanan, baik di stasiun maupun di dalam rangkaian kereta untuk mengoptimalkan layanan selama musim mudik lebaran. KAI juga memperkuat layanan digital guna memudahkan akses informasi serta pemesanan tiket secara real-time bagi pelanggan.
Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, KAI telah menempatkan sebanyak 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) yang bertugas di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini memiliki tugas untuk memberikan informasi kepada pelanggan, membantu proses boarding, serta menangani berbagai kebutuhan pelanggan secara langsung di lapangan.