octa vaganza

Pembayaran Digital Lebih Disukai

PEMBAYARAN transaksi digital lebih banyak keunggulan karena lebih efisien dan efektif. Pasar yang berisi pelanggan yang digital literasinya sudah sangat baik dan mereka ini adalah kelompok usia 25-34 tahun yang menyumbang lebih dari 50% belanja online. Pembayaran digital akan memberikan pengalaman pembayaran yang disukai kustomer karena sederhana dan mudah.

Riset menunjukkan 70% chart ditinggalkan calon pembeli karena tidak dapat menemukan metode pembayaran yang paling disukai saat checkout. Digitalisasi sistem pembayaran akan meningkatkan value chain karena sistem ini dapat menurunkan biaya. Transaksi dengan mudah dicatat dengan pemasok dan mitra bisnis anda dan juga menghemat banyak waktu bagi tim keuangan.

 Pihak BI sudah menyiapkan sejumlah regulasi pendukung sistem transaksi keuangan elektronik.  “BI saat ini sudah siap untuk memfasilitasi transaksi keuangan elektronik untuk semua model bisnis. BI juga telah menyiapkan regulasi dan kebijakan yang mendukung,”kata Andiwiana Saptonarwanto, Kepala Grup Operasional Departmen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran.

Strategi elektronifikasi transaksi keuangan BI telah mencakup 4 bidang penting: (1). Elektronifikasi bantuan sosial, (2). Elektronifikasi Transaksi Pemerintah, (3). Elektronifikasi transportasi dan tol. (4). Elektronifikasi ritel lainnya. Ke depan pemerintah sedang siapkan untuk bidang kesehatan, pariwisata serta bidang layanan masyarakat lainnya.

Di tahun 2025 akan ada 125 juta pengguna baru  e-wallet, jumlah ini akan membuat  Indonesia menjadi negara pengguna e-wallet terbanyak di Asia Tenggara.

”Sistem pembayaran digital akan membawa potensi bisnis yang besar bagi pelaku usaha, terutama ritel. Meski demikian setiap pemain bisnis tetap harus memperhatikan lanskap heterogen yang ada di Indonesia. Sebab, setiap daerah memiliki tingkat penetrasi internet, regulasi dan preferensi yang berbeda-beda.” ujarnya.

Menurut Roy Sembel, Professor of Finance Management, IPMI Business School, ada beberapa peluang yang bisa mendorong pertumbuhan revenue jika retailer menggunakan digital payments. Pertama, membuka cross-border sales yang tinggi. Kedua, membuka konversi yang tinggi. Ketiga, kemudahan user atau customer untuk membeli secara kontekstual (mereka bisa mengatur kapan dan di mana). Keempat, sistem pembayaran tertaut (linking payments) mendorong kekuatan belanja customer. Kelima, meningkatkan belanja dan loyalitas pelanggan.●

Exit mobile version