hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Peluncuran Logo Baru KemenKop Jadi Momentum Kebangkitan Koperasi

Peluncuran Logo Baru KemenKop Jadi Momentum Kebangkitan Koperasi/Dok. Peluang News-Hawa

Peluang News, Jakarta – Usai berpisah nomenklatur dengan Kementerian UMKM, kini Kementerian Koperasi (KemenKop) resmi meluncurkan logo baru, Kamis (12/12/2024).

Menteri Koperasi (MenKop), Budi Arie Setiadi mengatakan, logo ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan koperasi di Indonesia.

“Selain itu, juga untuk memperkuat identitas visual Kemenkop dan mendorong partisipasi masyarakat untuk berkoperasi,” ujarnya.

Budi menilai, logo tersebut menjadi simbol transformasi dan modernisasi koperasi dalam menjawab tantangan ekonomi global saat ini.

“Apalagi, logo ini melambangkan semangat menuju Indonesia Emas 2045. Jadi, bukan hanya sekadar logo, tetapi juga semangat membangun koperasi sebagai pondasi ekonomi,” ucapnya.

Peluncuran Logo Baru KemenKop Jadi Momentum Kebangkitan Koperasi/Dok. Kementerian Koperasi

Logo berbentuk huruf “K” dengan simbol kepala emas mencerminkan koperasi yang modern dan dinamis. Menkop berkomitmen menjadikan koperasi sebagai pemain utama perekonomian nasional.

“Menuju Indonesia Emas 2045 membutuhkan koperasi yang modern, adaptif, dan berkelanjutan. Saya yakin koperasi mampu mewujudkan keadilan sosial,” tambahnya.

Sekretaris KemenKop, Ahmad Zabadi, menjelaskan bahwa logo baru ini merupakan hasil sayembara yang dimulai sejak 8 November 2024, dengan 1.932 pendaftar dan 714 karya unggahan. Setelah seleksi ketat, logo karya I Putu Nathan Wikandhi terpilih sebagai pemenang dengan total skor 412,25 dan 565 suara publik.

“Logo ini mencerminkan kesan modern, profesional, dan adaptif, sesuai perkembangan zaman,” ungkapnya.

Tim juri sayembara melibatkan pakar branding Irfan Wahid, pakar desain Joshua Simanjuntak, akademisi LSPR Ulani Yusuf, Kepala Biro Komunikasi dan TI KemenkopUKM Budi Mustopo, dan pelaku industri kreatif Dennis Adhiswara. Setiap juri memberikan penilaian berdasarkan keahlian mereka, termasuk aspek branding, komunikasi visual, orisinalitas, filosofi koperasi, dan kreativitas.

Ahmad berharap logo baru ini menjadi simbol transformasi koperasi di Indonesia, mendukung visi Kemenkop menghadapi tantangan global, dan memperkuat pemberdayaan koperasi.

pasang iklan di sini