Site icon Peluang News

Pelindo Kirim Dua UMK Binaan ke Indonesia Fair 2023 di Thailand

Peluangnews, Jakarta – PT Pelindo (Persero) mengirimkan dua usaha mikro kecil (UMK) binaannya ke ajang pameran Indonesia Fair 2023 di Bangkok, Thailand pada 25-27 Agustus 2023. Hal ini sebagai upaya memperluas pasar UMKM dalam negeri di luar negeri

Pada kesempatan itu, Pelindo memperkenalkan dua UMK unggulan yang terpilih sebagai pemenang Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor.

“Kedua UMK tersebut, yaitu CV Agradaya dan Kunikita tampil dengan produk unggulan berorientasi ekspor,” kata Manager Monitoring dan Pelaporan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Annisa Karimah, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Kehadiran dua UMK tersebut di Indonesia Fair 2023 merupakan kelanjutan dari Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor, yang merupakan program kolaborasi TJSL BUMN Pelindo bersama PT Sarinah (Persero).

Pelindo membiayai penuh program inkubasi bagi UMK binaan maupun UMK baru perusahaan. Sementara PT Sarinah (Persero) mendukung dari sisi materi pelatihan melalui kurikulum Pandu untuk meningkatkan kemampuan UMK sehingga berorientasi ekspor.

Sebagaimana diketahui, Indonesia Fair 2023 mengambil tema Know Indonesia Better. Menghadirkan produk-produk unggulan Indonesia, di antaranya busana dan koleksi tenun, aksesoris, produk kerajinan dan rumah tangga, produk kuliner serta travel fair.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman menjelaskan Indonesia Fair 2023 merupakan rangkaian kegiatan dari KTT ASEAN yang akan diselenggarakan pada September 2023.

Sedangkan, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono menjelaskan Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor tersebut diselenggarakan dalam dua kelompok, yakni di Jakarta dan Bali.

Program itu didesain untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pelaku UMK dalam menjaring pasar di luar negeri.

Melalui program tersebut, para pelaku UMK yang lolos proses kurasi mengikuti berbagai pelatihan seperti peningkatan nilai produk, literasi keuangan, perlindungan merek, branding, dan perluasan akses pemasaran.

“Upaya perluasan akses pemasaran ke luar negeri, salah satunya dilakukan dengan keikutsertaan mereka di pameran-pameran berskala internasional, seperti Indonesia Fair 2023 ini,” ujar Ali. (RO/Aji)

Baca Juga : Peluang Festival 2023 Buka Peluang Bisnis bagi Pelaku UMKM Kreatif

Exit mobile version