hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Pedagang Pasar Tradisional Badung Punya “Marketplace” Sendiri

BADUNG—Sejumlah pedagang di Pasar Badung, Provinsi Bali melakukan inovasi dengan membuat website pribadi semacam “marketplace” untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membeli kebutuhan sehari-hari secara daring.

Website bertajuk pasarbadung.id menyajikan fitur agar masyarakat dapat memesan bahkan berinteraksi dengan pedagang sesuai kebutuhan yang diperlukan. Terkait dengan pengiriman, pedagang di pasar Badung juga sekaligus dapat memesan ojek daringnya.

Koordinator Pasarbadung.id Tedi Ananto, 37 tahun mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak menurunkan omzet secara drastis  karena berkurangnya pengunjung pasar tinggal 60-70 persen.  Untuk itu dia dan sejumlah teman pedagang lainnya mendirikan website ini sejak dua bulan lalu.

“Yang baru bergabung baru sekitar 15 pedagang yang membuka lapaknya, yang kami bagi dengan klaster daging, sayur-mayur, sembako, buah-buahan, bumbu dan sebagainya.  Website ini membantu menghubungkan pelanggan dengan pedagang tanpa harus datang ke pasar,” papar Tedi ketika dihubungi Peluang, Jumat (23/7/21).

Tedi mengakui masih perlu edukasi agar ratusan pedagang di pasar tradisional tersebut bersedia bergabung. Sejumlah pedagang masih gaptek dan untuk pihaknya berusaha membantu.  Peluang melihat website ini mirip marketplace dengan menampilkan produk berikut harganya dan nama pedagangnya.

“Memang masih perlu waktu pengenalan, tetapi dengan terobosan ini, omzet penjualan  menjadi terbantu,” kata pria yang juga berprofesi sebagai pedagang daging ini (Irvan).

pasang iklan di sini