octa vaganza

Pasar Kreatif Bandung 2023 Bukukan Omzet Rp6,7 Miliar Sebulan

Peluangnews, Bandung – Pasar kreatif yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat (Jabar) mencatakan omzet hingga Rp6,7 miliar. Nilai omzet dipastikan bertambah mengingat pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung 2023 masih terus berjalan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, Pasar Kreatif Bandung 2023 masih terus bergulir, acara yang berlangsung sejak 30 Juni 2023 tersebut saat ini tengah berlangsung di mal 23 Paskal.

“Sampai kemarin, Selasa 1 Agustus 2023, kami melaporkan omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 mencapai Rp6,7 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari empat titik Pasar Kreatif yang telah dilaksanakan yakni Bandung Indah Plaza (BIP), Trans Studio Mall (TSM), Cihampelas Walk dan Paris Van Java (PVJ),” beber Elly, dalam keterangan persnya, yang dikutip Rabu (2/8/2023)

Menurut Elly, nilai omzet saat ini (Rp6,7 miliar) belum termasuk di 23 Paskal, karena baru berlangsung 3 hari. Setelah itu, masih ada 2 titik lagi di Kings Shopping Center dan Festival Citylink yang akan melaksanakan acara serupa.

Pada tahun 2022 lalu, Pasar Kreatif Bandung sukses meraup omzet hingga Rp8,62 miliar, ia berharap, jumlah tersebut dapat dilewati oleh Pasar Kreatif edisi tahun 2023. “Kita masih ada 2 titik lagi, dan ini juga data dari gelaran di 23 Paskal kan belum masuk. Harapannya bisa melampaui capaian tahun lalu,” ucapnya.

Pada Pasar Kreatif Bandung 2023, menampilkan 42 persen wajah baru pelaku UMKM asal Kota Bandung. Wajah-wajah baru ini terpilih berdasarkan kurasi yang ketat. Meski begitu, ada pula sekitar 15 persen wajah-wajah lama atau pelaku UMKM yang konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama digelar.

“Wajah-wajah lama ini merupakan jenama (brand) UMKM yang sudah stabil,sehingga diharapkan dapat menggandeng pula para pelaku UMKM baru. Untuk di titik 23 Paskal ini, saya dengar omset mereka juga sangat luar biasa, apalagi di akhir pekan,” jelasnya.

Sementara itu, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna memberikan apresiasi atas kegiatan Pasar Kreatif, ia mengaku bangga produk UMKM Kota Bandung dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman. Desain, paduan warna, inovasi produk dari mereka sudah luar biasa. Apalagi Ema mendapatkan
informasi salah satu produk jam yang ikut dalam acara ini telah menjadi suvenir pada G20 lalu.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan Pasar Kreatif 2023, khususnya pihak mal yang sudah memberikan ruang bagi pelaku UMKM Kota Bandung dalam memamerkan serta menjual produknya.

Sebagaimana diketahui, Pasar Kreatif Bandung merupakan kegiatan yang diadakan oleh Disdagin Kota Bandung, bekerja sama dengan Dekranasda Kota Bandung, dengan support dari APPBI dan Bank BJB. Perhelatan ini sudah diadakan sejak tahun 2020, tahun ini adalah pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung
yang ke-4.

Pada gelaran tahun ini, Pasar Kreatif Bandung digelar di:

  1. Bandung Indah Plaza, 30 Juni – 9 Juli 2023,
  2. Trans Studio Mall, 14 – 23 Juli 2023,
  3. Cihampelas Walk, 14 – 23 Juli 2023,
  4. Paris Van Java, 21 – 30 Juli 2023,
  5. 23 Paskal, 28 Juli – 6 Agustus 2023,
  6. The Kings Shopping Center, 4 – 13 Agustus 2023,
  7. Festival Citylink, 11 – 20 Agustus 2023. (Aji)
Exit mobile version