Kopmen BMI membidik omzet Rp5 miliar perminggu pada tahun ini. Untuk mencapainya Radius Usman selaku nakhoda akan meningkatkan kinerja tim promotor dan dukungan dari Koperasi BMI Group.
Koperasi sebagai kumpulan orang memerlukan dukungan anggota agar usahanya terus berkembang. Tanpa partisipasi nyata dari anggota usaha sokoguru ekonomi itu dipastikan akan loyo. Oleh karenanya meningkatkan partisipasi anggota merupakan tantangan tersendiri bagi pengurus koperasi. Ini disadari oleh Radius Usman, Direktur Utama Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI).
“Tahun ini kami akan meningkatkan kinerja tim promotor untuk menggenjot partisipasi anggota dalam bertransaksi produk di Kopmen BMI,” ungkap Radius di sela-sela RAT Kopmen BMI Tahun Buku 2024 di Spring Club Serpong, 23 Januari 2025.
Tim promotor terdiri dari karyawan Kopmen BMI dan vendor seperti dari produsen ponsel merek Vivo dan Infinix. Tugas utamanya adalah meningkatkan penjualan produk ponsel terutama kepada anggota Koperasi BMI Group. Produk ponsel merupakan barang yang paling banyak diburu oleh anggota. Ini disebabkan harganya yang terjangkau dengan kualitas mumpuni sesuai kebutuhan pengguna.
Sejak dibentuk pada November tahun lalu, kinerja tim promotor yang berjumlah 50 orang dinilai cukup memuaskan yang terlihat dari naiknya angka penjualan. Tim itu juga menjadi tulang punggung dalam mencapai target omzet Kopmen sebesar Rp5 miliar perminggu tahun ini. Radius dan jajarannya mengaku telah menyiapkan strategi untuk menggenjot omzet yang pada tahun lalu sebesar Rp223,8 miliar melonjak sebesar 36% dari 2023.
Selain menyediakan ponsel, Kopmen BMI juga menawarkan sepeda dan motor listrik kepada anggota. Pembelian bisa dilakukan secara tunai maupun mengangsur. Selain itu, Kopmen BMI juga mengelola usaha toko bangunan dan coffee shop.
Pada kesempatan yang sama, Manajer Vivo Area Banten Taif Hidayat mengungkapkan kepuasannya bekerja sama dengan Kopmen BMI. “Alhamdulilah selama lebih dari 5 tahun bekerja dengan Kopmen BMI penjualan terus meningkat,” ungkap Taif.
Periode 2024 merupakan penjualan yang tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini Taif berharap dapat menjual 5.000 ponsel perbulan kepada anggota Koperasi BMI Group. Selama ini jenis ponsel yang digemari adalah Vivo Y12s karena kualitas dan harga yang terjangkau. Untuk meningkatkan penjualan, strategi promo dan memberikan gimmick berhadiah akan terus dilakukan Vivo.
Ke depan Kopmen BMI akan terus berupaya memenuhi kebutuhan anggota melalui unit-unit bisnisnya. Partisipasi anggota yang kuat akan menjadikan usaha koperasi semakin berkembang yang pada ujungnya akan meningkatkan kesejahteraan anggota.(Kur)