hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Menjadi Wirausahawan Kreatif

Kemampuan kreatif, tutur Raudsepp, terdistribusi hampir secara universal ke seluruh umat bumi. Kreativitas seperti sebuah sumber mata air, dank arena itu harus dijaga agar jangan sampai mengering.

DUNIA wirausaha itu unik, karena menuntut pelakunya kreatif. Menjadi wirausahawan kreatif di saat kritis merupakan tantangan yang sangat berat. Seseorang yang akan terjun menjadi wirausahawan kreatif harus bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dan itu paling sedikit dilakukan selama dua tahun. Harus berjuang tanpa henti di tengah berbagai tekanan fisik ataupun psikis.

Dunia modern tidak mungkin hidup tanpa ditunjang kemampuan menciptakan sesuatu yang baru setiap hari, walau sekadar perbedaan bentuk. Dari kreativitas akan muncul barang, jasa atau ide baru sebagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Juga cara-cara baru, mekanisme kerja atau operasi kerja untuk meningkatkan efisiensi dn produktivitas.

Kemampuan kreatif, tutur Raudsepp, terdistribusi hampir secara universal ke seluruh umat bumi. Kreativitas seperti sebuah sumber mata air, dank arena itu harus dijaga agar jangan sampai mengering.

Jika seseorang tergolong pribadi yang selalu didorong rasa ingin tahu; dan ia memiliki keberanian berpikir kreatif dan inonvatif; bersiaplah untuk menjadi wirausahawan. Itu sebabnya wirausahawan kerap diidentikkan dengan orang aneh. Artinya, dia memiliki kekuatan tersembunyi—yang tidak dimiliki kebanyakan orang.

Tak sedikit contoh yang menggambarkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin dilakukan wirausahawan. Dalam hal ide atau gagasan, ia tak perlu khawatir, takut diremehkan atau dihina orang sebagai pencetus ‘ide gila’. Sebab, sangat boleh jadi, apa yang disampaikannya  suatu saat justru akan menimbulkan kekaguman banyak orang. Orang lain hanya bias gigit jari ketika melihat keberhasilannya

Jika seseorang sudah berani tampil beda, itu isyarat dia sudah memiliki jiwa wirausaha. Dia di jalur sukses. Hanya perlu ketenangan seorang akrobatik saat meniti tambang tipis. Orang memang tidak menyukai kesalahan. Demikian juga wirausahawan. Mereka tetap harus menerimanya sepanjang hal itu memberi pelajaran berharga. Ia harus mampu meloloskan diri dari situasi yang hampir-hampir tidak mungkin diatasi. Di era sekarang, kegiatan usaha yang dijalankan justru hampir 90% tidak sesuai rencana. Orang harus luwes dengan dengan rencana yang dibuatnya, lincah berpindah dari satu rencana ke rencana yang lain.

Wirausahawan juga tak boleh gampang putus asa. Ia harus tegar dengan gagasan yang ia temukan dan yakin dengan kreativitas dirinya. Untuk sampai di ujung lorong, niscaya ada jalan yang boleh jadi tak terbayangkan sebelumnya. Kreatif dan inovasi adalah dua hal berbeda tapi sangat berkaitan erat. Kreatif aartinya memiliki daya cipta atau berdaya cipta. Sedangkan inovatif adalah berdaya perubahan atau pembaruan. Inovatif sedikit banyak terkait dengan bakat. Tapi ia juga dapat dipelajari.Di dunia pemasaran, tampaknya semakin sulit menemukan celah-celah kreativitas itu—selain dari alternatif kiat umum yang sangat terbatas dan sudah dikenal luas oleh perusahaan selama ini. Tinggal menentukan metode yang tepat, di waktu yang tepat dan di tempat yang tepat.

pasang iklan di sini