hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza
Opini  

Mengenal Budaya Kerja PINTAR

Oleh : Yoss G Pareira

Berbicara seputar dunia kerja, kita sependapat bahwa tidak hanya berkutat sekitar soal jobdesc, gaji atau jenjang karir,  tapi juga menyangkut  budaya kerja. Baik kepada pekerja maupun perusahaan atau lembaga, budaya kerja berperan sebagai jalan yang beretika bagi pekerja dalam mencapai tujuan visi dan misi sebuah perusahaan atau lembaga.

Tentang budaya ? kita sudah pahami karena kita adalah bagian dari pelaku budaya, kita hidup dalam kebersamaan dan kelompok mayarakat yang tentunya mempunyai kebiasaan, nilai, aturan, karakteristik, adat istiadat, norma, etika yang berlaku dan kewajiban untuk ditaati bersama.

Tentang budaya kerja ? tentunya kita juga sudah memahami bahwa budaya kerja adalah nilai, karakteristik dan atribut yang dimiliki suatu perusahaan atau

lembaga dan dijalankan oleh setiap pekerja, dan terlihat dari praktik kepemimpinan, perilaku karyawan, fasilitas tempat kerja hingga kebijakan perusahaan atau lembaga.

Lewat catatan singkat ini, saya ingin menyoroti sekilas Budaya Kerja KSP Kopdit Pintu Air, “Budaya Kerja PINTAR “. Pintar tidak hanya akronim dari Pintu Air, tetapi juga rangkaian kata Profesionalisme, Integritas, Inovasi, Taqwa, Amanah dan Rajin.

Adapun implementasi dari Budaya Kerja Pintar dari KSP Kopdit Pintu Air, secara sample dapat dilihat dari beberapa kebiasaan yang sudah membudaya dalam kehidupan insan Pintar berlembaga.

PROFESIONALISME

 Secara rutin dan berkala, lembaga  menyelenggarakan diklat bagi para pekerja baik internal dan eksternal yang berhubungan dengan Product Knowledge,  Standar Layanan dan Budaya Kerja, untuk meningkatkan keahlian  para pengelola.

INTEGRITAS

Sebagai komitmen menghasilkan insan Pintar yang berintegritas maka :

  • Setiap pejabat yang diangkat melalui sumpah jabatan, diwajibkan menanda tangani Sapta Pakta Integritas dan Kode Etik Pintar.
  • Rutin setiap pagi melaksanakan kegiatan doa, mengucapkan janji/sumpah sapta pakta integritas, menyanyikan lagu mars pintu air, mendengarkan laporan pencapaian target harian, briefing dan ditutup dengan yel yel pintu air.
  • Memasang teks Pakta Integritas, Kode Etik dan Budaya Kerja di setiap Kantor untuk selalu dilaksanakan.

Teks Sapta Pakta Integritas :

Kami insan KSP Kopdit Pintu Air, berjanji untuk :

  1. Mengabdi dengan jujur, disiplin, handal, bijaksana dan dapat dipercaya.
  2. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab, taat pada aturan dan menjadi teladan.
  3. Selalu menjaga kehormatan serta nama baik pribadi dan lembaga KSP Kopdit Pintu Air.
  4. Tegas dalam menindaklanjuti adanya penyimpangan.
  5. Berorientasi ke masa depan dengan menjalankan visi dan misi lembaga KSP Kopdit Pintu Air.
  6. Menjadikan Budaya Kerja dalam memberikan layanan terbaik.
  7. Memberdayakan rekan kerja secara terbuka, saling menghargai serta menjadi team work yang baik.

Yel yell KSP Kopdit Pintu Air :

Revolusi mental # Harus #

Dimulai dari # Kopdit Pintu Air #

Jamu Pintar Asia # Bisa, bisa dan pasti bisa #

INOVASI

Selalu mengikuti perkembangan jaman dan teknologi dalammengembangkan usaha.Sebagai contoh lembaga telah mengembangkan usaha ke sektor riil. Salah satunya usaha Pariwisata PT.Pintar Asia Resort yang untuk sementara dengan 2 unit usaha yaitu Usaha Wisata : Pintar Asia Beach dan Usaha Resto : Pintar Café & Eatery.

TAQWA Lembaga rutin selalu melaksanakan doa setiap pagi sebelum mulai bekerja dan setiap hari Jumat Pertama dalam bulan melaksanakan ibadah kurban misa syukur (Misa Jumper) diiringi koor dengan nyanyian lagu-lagu rohani yang bagus.

AMANAH Lembaga tekun mengemban tugas mulia mengurus masyarakat kecil,ekonomi lemah “kaum nelayan, petani, peternak dan buruh (NTTB).

Sebagai tanda syukur, lembaga juga mengurus mereka-mereka yang terlupakan “ penyandang disabilitas “ dalam Unit Sosial ( UNSOS) dengan nama Gerakan Pintar Amal dan Kasih (GPAK).

RAJIN Sebagai lembaga pemberdayaan maka para insan lembaga memahami benar, jatuh bangunnya lembaga tergantung pada kerja cepat, kerja tepat, kerja cerdas dan kerja keras yang kinerja pencapaian targetnya selalu dimonitor setiap hari.

Kegiatan pengelolaan dari Kantor Pusat ke Cabang, KCP, Unit, Kelompok dan Titik Kumpul selalu dilaksanakan secara rutin dan berkala dengan prinsip pengelolaan lembaga yang baik atau Good Corporate Governance ( GCG ).

Teknis pelaksanaan monitoring dan evaluasi dilaksanakan baik secara manual yaitu turunnya team-team dari Kantor Pusat ke Cabang-Cabang atau lewat media virtual melalui zoom meeting dll.

Penulis adalag anggota pengurus KSP Kopdit Pintu Air

pasang iklan di sini