Indomie mengeluarkan Rp723 miliar untuk belanja iklan, Mie sedap mengucurkan Rp571,2 miliar, bahkan produk cairan pembersih seperti Vanish membelanjakan Rp338,9 miliar. Itu cara mahal untuk memantapkan brand di memori konsumen.
PEMASARAN adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa. Keseluruhan itu
diupayakan dapat memuaskan kebutuhan baik pembeli maupun pembeli potensial. Demikian
menurut William J. Stanton. Dari pengertian di atas bisa dijabarkan bahwa,
untuk memperluas jaringan pemasaran, kita memerlukan langkah-langkah antara
lain sebagai berikut:
1. Buat
merk anda sendiri. Berapa banyak produk
tentang itik yang telah memiliki nama tersendiri? Sepengetahuan saya masih
hitungan jari , dan mungkin banyak dari anda berfikir untuk apa harus memiliki
merk. Merk produk/jasa yang terkenal dan melekat di otak
manusia. Itu akan menjadi pilihan ketika mereka membutuhkan barang tersebut.
Untuk
mempertahankan nama/merk tetap dikenal umum memerlukan biaya yang besar?
Indomie mengeluarkan Rp723 miliar untuk belanja iklan, Mie sedap mengeluarkan Rp571,2
miliar, bahkan produk cairan pembersih seperti Vanish mengeluarkan dana Rp338,9
miliar. Hasilnya? Anda langsung ingat dan mengerti produk yang ditawarkan jika disebut
kata Pepsodent, Samsung, bahkan Mak Erot.
2. Ciptakan
jargon/slogan untuk merk anda. Jargon/slogan promosi haruslah merupakan
penjelasan sesungguhnya tentan g kualitas produk atau jasa anda. Ketika anda
misalnya membuat jargon “pusatnya unggas berkualitas”, produk yang
anda jual harusbenar-benar unggas berkualitas baik. Banyak jargon yang sukses
menembus memori otak bangsa Indonesia Misalnya, Yamaha dengan jargon “Yamaha
Semakin di Depan”, atau ” Susu Saya Susu Bendera”
3. Pastikan
produk anda beda. Hanya teh botol Sosro dan beberapa merk lainnya yang
sukses menjual teh manis dalam jumlah jutaan botol/gelas. Mengapa begitu? Karena
mereka membuat perbedaan, yaitu menyajikan teh manis dalam botol dan tahan lama
untuk diminum. Anda
pun dapat membuat perbedaan. Semisal, membuat talur asin
warna jingga, karkas bebek full
organik ataupun ciri khas lainnya. Yang pasti,
perbedaan harus
disertai keunggulan kualitas dan pelayanan.
4. Buat dan ulangi
untuk promosi produk anda. Kemajuan dunia teknologi memungkinkan kita menggunakan media
sosial dan internet untuk mempromosikan produk dan diri kita. Pengulangan baik secara pendengaran/audio maupun penglihatan/visual
ataupun bahkan gabungan keduanya merupakan penyegaran sekaligus penguatan di
memori otak manusia. Tanpa sengaja, kita jadi hafal jargon suatu produk karena secara tidak
sengaja otak kita merekam hal tersebut berulang kali. Gak percaya? …”
Tahu bulat…Digoreng dadakan…Limaratusan…Hangat-hangat”…Iya kan?
5. Perbanyak
relasi. Relasi atau teman yang dimaksud di sini tentulah orang-orang yang
berhubungan dengan bisnis anda. Bila anda menjual itik tentu akan lebih baik
bila anda menjalin hubungan yang erat dengan dinas kesehatan setempat, jasa
pengiriman hewan, balai karantina, penjual sapronak itik dan sebagainya yang
suatu saat dapat anda gunakan jasanya dan sangat berguna untuk bisnis anda.●