hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Meluaskan Jaringan Pemasaran

Indomie mengeluarkan Rp723 miliar untuk belanja iklan, Mie sedap mengucurkan Rp571,2 miliar, bahkan produk cairan pembersih seperti Vanish membelanjakan Rp338,9 miliar. Itu cara mahal untuk memantapkan brand di memori konsumen.

PEMASARAN adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa. Keseluruhan itu diupayakan dapat memuaskan kebutuhan baik pembeli maupun pembeli potensial. Demikian menurut William J. Stanton. Dari pengertian di atas bisa dijabarkan bahwa, untuk memperluas jaringan pemasaran, kita memerlukan langkah-langkah antara lain sebagai berikut:

1. Buat merk anda sendiri. Berapa banyak produk tentang itik yang telah memiliki nama tersendiri? Sepengetahuan saya masih hitungan jari , dan mungkin banyak dari anda berfikir untuk apa harus memiliki merk. Merk produk/jasa yang terkenal dan melekat di otak manusia. Itu akan menjadi pilihan ketika mereka membutuhkan barang tersebut.  

Untuk mempertahankan nama/merk tetap dikenal umum memerlukan biaya yang besar? Indomie mengeluarkan Rp723 miliar untuk belanja iklan, Mie sedap mengeluarkan Rp571,2 miliar, bahkan produk cairan pembersih seperti Vanish mengeluarkan dana Rp338,9 miliar. Hasilnya? Anda langsung ingat dan mengerti produk yang ditawarkan jika disebut kata Pepsodent, Samsung, bahkan Mak Erot.
2. Ciptakan jargon/slogan untuk merk anda. Jargon/slogan promosi haruslah merupakan penjelasan sesungguhnya tentan g kualitas produk atau jasa anda. Ketika anda misalnya membuat jargon “pusatnya unggas berkualitas”, produk yang anda jual harusbenar-benar unggas berkualitas baik. Banyak jargon yang sukses menembus memori otak bangsa Indonesia Misalnya, Yamaha dengan jargon “Yamaha Semakin di Depan”, atau ” Susu Saya Susu Bendera”
3. Pastikan produk anda beda. Hanya teh botol Sosro dan beberapa merk lainnya yang sukses menjual teh manis dalam jumlah jutaan botol/gelas. Mengapa begitu? Karena mereka membuat perbedaan, yaitu menyajikan teh manis dalam botol dan tahan lama untuk diminum. Anda pun dapat membuat perbedaan. Semisal, membuat talur asin warna jingga, karkas bebek full organik ataupun ciri khas lainnya. Yang pasti, perbedaan harus disertai keunggulan kualitas dan pelayanan.
4. Buat dan ulangi untuk promosi produk anda. Kemajuan dunia teknologi memungkinkan kita menggunakan media sosial dan internet untuk mempromosikan produk dan diri kita. Pengulangan baik secara pendengaran/audio maupun penglihatan/visual ataupun bahkan gabungan keduanya merupakan penyegaran sekaligus penguatan di memori otak manusia. Tanpa sengaja, kita jadi  hafal jargon suatu produk karena secara tidak sengaja otak kita merekam hal tersebut berulang kali. Gak percaya? …” Tahu bulat…Digoreng dadakan…Limaratusan…Hangat-hangat”…Iya kan?
5. Perbanyak relasi. Relasi atau teman yang dimaksud di sini tentulah orang-orang yang berhubungan dengan bisnis anda. Bila anda menjual itik tentu akan lebih baik bila anda menjalin hubungan yang erat dengan dinas kesehatan setempat, jasa pengiriman hewan, balai karantina, penjual sapronak itik dan sebagainya yang suatu saat dapat anda gunakan jasanya dan sangat berguna untuk bisnis anda.●

pasang iklan di sini