hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Maybank Apresiasi Siswa & Sekolah Terbaik dalam Literasi Keuangan se-ASEAN

PeluangNews, Jakarta – Maybank Group, Melalui Maybank Foundation memberikan apresiasi kepada siswa dan sekolah terbaik se-ASEAN dalam melakukan kegiatan literasi keuangan pada tahun 2025.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Maybank Foundation – lembaga filantropi di bawah Maybank Group – melalui ajang “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards 2025” (FinEx). Ini merupakan FiNex ke-4 yang digelar dan tahun ini diselenggarakan di Jakarta pada pekan ini.

“Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi pencapaian luar biasa sekolah, tenaga pendidik, keluarga, dan siswa di Kawasan ASEAN dalam memperkuat literasi keuangan di kalangan anak sekolah,” ujar Chairman Maybank Group dan Maybank Foundation, Tan Sri Dato’ Sri Ir. Zamzamzairani Mohd Isa.

Para penerima penghargaan tersebut merupakan siswa, sekolah dan tenaga pendidik dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Singapura.

Acara ini merupakan rangkaian puncak dari Cashville Kidz (CVK), program unggulan Maybank Foundation yang membekali anak-anak usia 9–12 tahun dengan keterampilan praktis untuk menumbuhkan kepercayaan diri, membangun kebiasaan finansial sehat, dan membuat keputusan keuangan yang bertanggung jawab sejak dini. CVK secara berkelanjutan menyempurnakan kurikulum literasi finansial sehingga relevan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang di kawasan ASEAN.

Sebagai salah satu pilar inisiatif Maybank Foundation, CVK dirancang dengan hasil pembelajaran yang terukur melalui pre- dan post-assessment yang terstruktur, sehingga perubahan perilaku serta peningkatan pemahaman peserta didik dapat dipantau secara jelas. Pendekatan berbasis evidence ini memungkinkan penyempurnaan kurikulum secara berkelanjutan, sehingga program tetap relevan, efektif, dan selaras dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang di kawasan ASEAN.

Ajang penghargaan “Maybank Regional FinEx” ke-4 memberikan apresiasi atas pencapaian luar biasa dalam empat kategori, yaitu  Best School Award diberikan kepada sekolah yang menunjukkan kepemimpinan visioner dan komitmen dalam memajukan literasi keuangan;  Best Educator Award, diberikan kepada pendidik yang menunjukkan dedikasi luar biasa dalam menginspirasi pembelajaran keuangan di kalangan siswa; Best Student Award diberikan kepada siswa yang memiliki pemahaman kuat dan antusiasme dalam menerapkan pengetahuan keuangan mereka; serta Best Family Award diberikan kepada keluarga yang telah menunjukkan peningkatan kebiasaan dan ketahanan finansial melalui program Cashville Kidz Family Budgeting.

Menyadari bahwa literasi keuangan merupakan prioritas nasional di berbagai negara ASEAN dan menjadi fokus utama dari para regulator, berbagai kementerian, serta para pembuat kebijakan, acara penghargaan ini juga dihadiri oleh otoritas nasional yang berperan besar dalam mendorong mandat tersebut. Sebagai sebuah inisiatif regional yang berperan dalam membentuk generasi masa depan yang cakap secara finansial, kegiatan tersebut juga mendapat dukungan kuat dari komunitas diplomatik ASEAN.

Kehadiran para perwakilan negara dan pemangku pementingan ini mencerminkan komitmen kolektif negara-negara anggota ASEAN dalam membangun masyarakat yang tangguh secara finansial di seluruh kawasan.

“Selama lebih dari satu dekade, Maybank tetap teguh pada keyakinan bahwa pembangunan berkelanjutan berawal dari literasi keuangan. Melalui inisiatif seperti Cashville Kidz, kami bertujuan menumbuhkan generasi muda yang cakap dan bertanggung jawab secara finansial, mampu membuat keputusan yang tepat, serta berkontribusi pada pertumbuhan inklusif di komunitas mereka,” ujar Tan Sri Dato’ Sri Ir. Zamzamzairani Mohd Isa.

Maybank Foundation akan terus memperkuat kemitraan regional untuk memperluas akses edukasi keuangan, khususnya bagi komunitas prasejahtera, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan bagi semua,” lanjutnya.

Tan Sri Zamzamzairani menambahkan, dengan lebih dari 610.000 penerima manfaat melalui program-program Maybank Foundation dan lebih dari 2,5 juta rumah tangga yang terdampak positif sejalan dengan Komitmen Keberlanjutan Maybank sejak 2021, misinya tetap jelas memanusiakan layanan keuangan dan memastikan pendidikan berkualitas dapat diakses di seluruh ASEAN.

Di Indonesia, Maybank telah menerima dukungan berkelanjutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah untuk penyelenggaraan program “Cashville Kidz” sejak 2019. Melalui kolaborasi strategis ini, program tersebut telah menjangkau lebih dari 18.800 siswa di 73 sekolah di berbagai wilayah di Indonesia, mencerminkan komitmen bersama Maybank Grup dalam memajukan literasi keuangan.

Sejak diperkenalkan pada 2013, program Cashville Kidz (CVK) telah berkembang menjadi salah satu inisiatif literasi keuangan berbasis sekolah terbesar di Kawasan ASEAN, menjangkau lebih dari 430.000 siswa serta melatih lebih dari 8.200 guru di 1.530 sekolah di delapan negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar dan Kamboja.  Program ini diselenggarakan melalui kemitraan dengan MoneyTree Asia Pacific dan didukung para pemangku kepentingan pendidikan local. Program ini memadukan cerita animasi, pembelajaran interaktif, dan skenario kehidupan nyata untuk menghadirkan edukasi keuangan yang menarik, mudah dipahami, dan relevan bagi anak-anak.

“Pencapaian hari ini mengingatkan kita bahwa literasi keuangan bukan sekadar pengetahuan—melainkan keterampilan hidup yang membangun ketahanan, kepercayaan diri, dan peluang. Literasi keuangan menjadi jembatan yang menghubungkan pendidikan dengan pemberdayaan, dan pemberdayaan dengan pertumbuhan yang inklusif,” ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan.

 

pasang iklan di sini