hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Marketing Cerdas Mengatasi Pandemi

Jangan panik, itu tips marketing terpenting untuk tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi virus Corona. Coba, misalnya, hadirkan brand Yang tanggap situasi. Dan pikirkan itu baik-baik.

Tetap terhubung dengan pelanggan anda di media sosial

Dengan banyaknya orang yang #di_rumah_aja, penggunaan media sosial menjadi pilihan yang senantiasa online saat ini. Secara umum, lalu lintas pencarian secara online meningkat secara signifikan selama beberapa waktu terakhir. Dan akan terus menunjukkan fenomena seperti itu selama massa masih berada di rumah masing-masing, sebelum PPKM dinyatakan tak lagi berlaku.

Hampir semua orang berburu informasi terbaru melalui ponsel ataupun komputer masing-masing, termasuk belanja online, yang juga jadi cara untuk menghabiskan sekaligus mengefisienkan waktu. Konsumen rajin mencari toko-toko online yang menawaran diskon. Untuk itu, pastikan brand anda mudah ditemukan di media sosial, bahkan di halaman-halaman utama mesin pencarian online.

Lebih depan dibanding kompetitor

Usahakan agar memiliki posisi yang lebih unggul dari pesaing, baik dari segi campaign, media sosial maupun online presence. Untuk mencapai tahap ini, butuh strategi dan timeline yang harus dipersiapkan sebaik dan serapi mungkin. Gabungkan strategi marketing secara offline dan online agar brand anda lebih mudah diingat oleh target audiens. Kombinasikan pula iklan digitaldengan iklan luar ruang agar anda memperoleh hsil yang sangat efektif.

Beri penawaran khusus seperti diskon

Dalam periode dan kondisi yang tidak pasti seperti ini, menarik pelanggan sebanyak mungkin adalah upaya yang bisa membantu bisnis dalam kurva yang stabil. Ya, daya beli saat ini sedang di kurva bawah. Sehingga, untuk bisa mendapatkan pemasukan dan menjaga pelanggan, di antara caranya adalah dengan menawarkan harga iklan yang menarik. Jurus ini akan membantu aliran income. Tentukan produk yang paling diminati dan buat penawaran khusus. Kemas diskon secara menarik dan sampaikan kepada pelanggan melalui media sosial atau channel lainnya.

Hadirkan brand yang tanggap situasi

Dalam situasi yang berubah-ubah seperti saat ini, cara untuk membuat koneksi kepada audience adalah dengan menumbuhkan empati. Tunjukkan transparansi kepada konsumen mengenai upaya yang dilakukan dalam situasi saat ini. Kalau anda memiliki rumah makan atau bisnis catering, misalnya, sampaikan bahwa anda telah melakukan sesuai prosedur seperti chef dan tim yang menyiapkan makanan wajib memakai sarung tangan, masker, dan kotak makan yang teruji bersih. Atau bila anda memiliki bisnis offline, sampaikan kepada pelanggan bahwa anda kini membuka layanan online untuk mendukung kegiatan #di_rumah_aja dan sebagainya.

Gunakan waktu ini untuk mengatur kembali brand anda

Sekarang mungkin anda tidak ke kantor atau meeting dengan klien dan jadwal anda jadi banyak kosong. Manfaatkan waktu yang ter sedia saat ini secara lebih produktif. Khususnya untuk mengatur ulang segala sesuatu tentang bisnis anda. Bisa dari mengatur strategi promosi ke depannya, merombak tampilan website, atau menentukan objektif baru bagi bisnis anda.

Persiapkan langkah marketing efektif untuk bangkit

Seperti badai, wabah corona pun pasti akan berlalu. Pada saat ini mungkin Indonesia tengah menghadapi gelombang finansial dan kesehatan yang cukup terombang-ambing. Tapi bila kita berhasil melakukan #flatteningthecurve, saat itulah kondisi negara (dan finansial tentunya) akan kembali normal; dan daya jual-beli akan stabil kembali. Mempersiapkan budget dan ide untuk iklan di luar ruang adalah langkah yang sudah bisa dilakukan dari sekarang. Anda perlu bersiap untuk kembali membuat gebrakan brand anda nantinya.●

pasang iklan di sini