dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Malang Kini Kaya Destinasi Wisata

Jatim Park 3: Nyaris seperti di luar negeri-Foto: Ngalam.co.

MALANG—-Pada masa Hindia Belanda Kota Malang dijuluki “Eldorado van Java”, karena letaknya di kaki pegunungan memberikan hawa yang sejuk.  Selain itu di sekitar kota ini  terdapat berbagai spot panorama alam, cocok untuk melepaskan penat dan berlibur.

Kalau tempo dulu, tempat wisata paling favorit adalah Selecta, yang didirikan pada  1930-an oleh seorang Belanda bernama Ruyter de Wildt, Tretes, tempat Pemandian Wendit  hingga Pantai Ngliyep. .

Namun kini Malang menjadi salah satu tepat wisata populer di Indonesia, karena kaya dengan puluhan bahkan ratusan destinasi wisata alam hinga taman bermain keluarga. Di antaranya  yang populer dan ternayar  adalah Jawa Timur Park 1, 2 dan 3.

Ketiga taman yang dibangun stau grup itu berlainan tema, berlokasi di Kecamatan Batu.  Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur dengan total 50 wahana.

Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa.  Di taman ini terdapat 35 wahana permainan.

Jatim Park 3   Wahana  wisata yang terletak di kawasan Batu ini  baru dibuka  pada November 2017, menawarkan wahana Taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan.  Pengunjung akan diajak melintasi lima zaman Dinosaurus, mulai dari zaman pemrian, Triassic, jurrasic, cretaceous hingga zaman es  dengan menggunakan kereta terbuka.

Sementara untuk wisata pantai di Kabupaten Malang, menurut data dari pegiat wisata Whiempy terdapat hampir 150 spot pantai.  Begitu banyaknya alternatif  tempat liburan, tidak ada tempat yang bisa disebut favorit menurut pengalamannya menjadi guide.  Namun Bromo dan Kawah Ijen adalah di antara yang cukup banyak diminati.

Whiempy sendiri mengaku menawarkan tarif Rp300 ribu fee untuk city tour  dan Rp400 ribu per hari untuk eco tour (wisata alam)  bagi wisatawan lokal dan Rp500 ribu untuk city tour dan Rp750 ribu untuk eco tour bagi wisatawan asing.  “Paling banyak wisatawan lokal dari Jakarta menggunakan jasa guide,” ujar Whiempy ketika dihubungi Peluang, Selasa (4/12/2018).

Punya Potensi Wisata Kelas Dunia

Menurut Geza Surya Pratiwi salah seorang warga Malang perkembang wisata di Malang saat ini begitu pesar.  Malang sudah hampir serupa dengan Bandung dengan kondisi geografis dan cuaca yang sebangun.

“Bukan saja wisata alam, tetapi juga theme park seperi Jatim Park, Batu Night Spectacular.  Hanya saja wisata yang bagus lebih banyak terpusat di Batu?” ujar Geza dihubungi melalui WA dalam kesempatan terpisah.

Menurut Geza ,Theme Park terasa nyaman sekali untuk rekreasi keluarga. “Dengan  dukungan hawa dingin dengan view pegunungan jadinya pasti bakalan seru,” komentarnya.

Sementara itu menurut praktisi wisata Anton Thedy,   Malang punya potensi sebagai kota pusat kuliner tetapi batu adalah magnet wisata kelas dunia. Banyak obyek wisata  sebetulnya sangat menarik buat turis mancanegara. Sayangnya  belum tergarap, hingga saat ini Batu dan Malang selama ini hanya berhasil menarik turis wisnus saja.

Pantai Balekambang-foto: wisatalengkap

“Padahal batu dengan malang punya potensi lebih besar dari pangandaran yang dari sisi akses juga lebih mudah,” pungkas Anton (Irvan Sjafari).