octa vaganza

Luncurkan Kontag, GoTo Financial Tingkatkan Kompetensi Pelaku UMKM

JAKARTA—GoTo Financial, entitas teknologi yang menyediakan layanan keuangan dan solusi bisnis bagian dari Grup GoTo (hasil merger Gojek dan Tokopedia) meluncurkan Komununitas Retail GoTo Financial (Kontag), Rabu, 25 Agustus 2021.

Kontag adalah solusi inovatif  yang ditujukan kepada mitra usaha kecil menengah dari berbagai industri mulai dari industri fesyen, handicraft, penyedia jasa kecantikan, hingga pedagang eceran.

Terobosan ini untuk melengkapi rangkaian solusinya untuk semua pelaku usaha dari berbagai bidang supaya bisa bangkit bersama di masa pandemi. 

Solusi komprehensif tersebut telah terbukti membantu pelaku usaha di mana ada tren kenaikan positif  transaksi mitra usaha yang bergabung di ekosistem GoTo Financial, yaitu Midtrans, Selly, Moka, dan GoStore. 

Head of Merchant Platform Business GoTo Financial, Novi Tandjung mengungkapkan, komunitas ini merupakan bagian dari inisiatif Akademi Mitra Usaha (KAMUS) dengan binaan yang sudah menembus 50.000 UMKM di seluruh Indonesia selama 2021.

“Kami mempunyai pengalaman menolong  jutaan pelaku UMKM melalui Komunitas Partner GoFood. Kehadiran komunitas dan pelatihan membantu mereka mengembangkan usahanya,” ujar Novi.

Lanjut dia, melalui Kontag, fihaknya ingin semakin memperluas manfaat ini dengan merangkul berbagai lini pelaku usaha yang tidak hanya terbatas pada sektor kuliner.

Ada dua elemen dalam Kontag guna pengembangan usaha yang diharapkan dapat membekali pelaku usaha dengan kompetensi yang lebih mumpuni, yaitu pendampingan melalui Bimbingan Merchant dan wadah saling berbagi melalui Tamu Merchant.

“Solusi teknologi dan non-teknologi GoTo Financial telah terbukti membantu mitra usaha untuk beradaptasi dan bertumbuh sehingga bisa Bangkit Bersama di masa pandemi,” papar Novi.

Inovasi terbaru dari jaringan Point of Sale (POS) Moka melalui GoStore yang memfasilitasi UMKM untuk membuat toko daring sendiri,berhasil mencatat peningkatan jumlah mitra usaha empat kali lipat di kuartal dua tahun ini.

Sementara Payment Gateway Midtrans mencatat peningkatan transaksi non-tunai hingga 75 persen sepanjang 2020.

Selain itu, penggunaan fitur payment link untuk membantu toko offline dalam menerima pembayaran non-tunai lewat aplikasi chat dan email meningkat hingga empat kali lipat sejak pandemi.

Aplikasi keyboard multifungsi Selly berhasil mempermudah proses administrasi UMKM yang mengandalkan penjualan di media sosial. Sejak pandemi, jumlah UMKM yang terdaftar pada aplikasi Selly meningkat hampir dua kali lipat.

“GoTo Financial juga hadir untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui pembayaran, layanan keuangan dan solusi bisnis di dalam ekosistem ekonomi digital,” pungkasnya.

Exit mobile version