Komitmen penuh KOPNUS dalam melayani anggota tercermin dari beragam sertifikasi manajemen dan penghargaan yang diraih.
Di tengah persaingan usaha yang semakin tajam, koperasi dituntut terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan demi mempertahankan eksistensi. Terlebih kompetisi ini tidak hanya terjadi dengan sesama koperasi, melainkan juga dengan institusi keuangan lain seperti perbankan. Terkini, layanan perusahaan financial technology (fintech) juga kian gencar menyasar pangsa pasar yang sama dengan koperasi.
KSP Nusantara (KOPNUS) menyadari hal tersebut dengan terus meningkatkan layanan yang cepat, tepat, dan akurat kepada anggota. Dengan begitu anggota diharapkan merasa nyaman dalam bertransaksi di koperasi. Hal ini penting dilakukan karena dukungan anggota sangat strategis dalam pengembangan usaha koperasi.
“Kami terus berupaya menghadirkan layanan yang cepat, tepat, dan akurat untuk kepuasan anggota,” ujar Joshua Rahmat, Ketua KOPNUS.
Sesuai regulasi saat ini KOPNUS memiliki dua produk yaitu Simpanan (Funding) dan Pinjaman (Lending). Produk Simpanan KOPNUS diperuntukan bagi anggota KOPNUS yang terdiri atas Simpanan Harian dan Simpanan Berjangka. Simpanan Harian merupakan simpanan sukarela dan Simpanan Berjangka adalah simpanan dengan imbal jasa yang menarik.
Sementara produk Pinjaman diperuntukan bagi anggota KOPNUS yang berstatus sebagai pensiunan ASN, TNI, POLRI beserta Janda/Duda Pensiunan dengan jaminan SK Pensiun. Adanya collateral ini merupakan upaya pengurus untuk mitigas risiko kredit.
Koperasi yang didirikan pada 10 Oktober 2004 di Cianjur itu juga telah melaksanakan kegiatan sosial yang merupakan salah satu jati diri koperasi. Hal ini diwujudkan dalam bentuk pemberian sembako, bantuan stunting dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para anggota dan keluarga anggota/calon anggota. Kegiatan tersebut telah diselenggarakan di beberapa wilayah di antaranya Atambua, Nusa Tenggara Timur dan Purwodadi, Jawa Tengah.
Selain itu, KOPNUS juga memiliki program Pensiun Sehat yang dilaksanakan di berbagai cabang di seluruh Indonesia setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan manfaat nyata kepada anggota KOPNUS terutama kelompok pensiunan.
“KOPNUS senantiasa melaksanakan kepedulian kepada sesama sebagai bentuk tanggungjawab sosial koperasi,” ujar Joshua Rahmat.
Produk dan layanan berkualitas KOPNUS ditunjang dengan penerapan teknologi informasi yang andal seperti aplikasi Core berbasis desktop terintegrasi secara real time online antara KantorCabang/Wilayah dan Pusat ke Data Center (DC) dengan standard Tier 3 melalui interkoneksi internet yang aman dan efisien. DC secara aktif telah terhubung ke Disaster Recovery Center (DRC) untuk menjamin keberlangsungan operasional dan bisnis saat terjadi bencana.
Seiring dengan perkembangan teknologi, Core akan ditransformasikan dengan berbasis web. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dana meningkatkan kecepatan dalam maintenance aplikasi. Selain itu, KOPNUS juga melakukan penambahan perangkat server dan penambahan kapasitas server yang ada untuk menunjang rencana kerja pengembangan bisnis ke depan.
Untuk melindungi keamanan jaringan, keamanan data nasabah dan monitoring traffic data, KOPNUS melakukan penambahan perangkat keamanan di DC dan DR. Hal ini juga untuk mendukung pengembangan aplikasi berbasis web dan mobile.
Sistem teknologi informasi KOPNUS semakin lengkap dengan mengimplementasikan Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo untuk meningkatkan efisiensi kerja dan kecepatan dalam proses pelayanan kepada anggota. Selain itu implementasi Odoo akan meningkatkan kolaborasi antara bagian dengan keamanan dan keakuratan data yang maksimal.
“Sistem dan infrastruktur teknologi informasi akan terus diperbarui sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang ada serta untuk mendukung pengembangan layanan koperasi kepada anggota,” ungkap Joshua Rahmat
KOPNUS juga memiliki layanan CallCenter Hallo Kopnus melalui 1500099 dan layanan chat melalui media Whatsapp untuk mendukung layanan produk yang sudah berjalan. Selain itu, layanan ini merupakan pintu masuk dalam menangani komplain dari anggota terhadap layanan yang diberikan.
Untuk meningkatkan kinerja, produktivitas karyawan dan integrasi operasional SDM, KOPNUS menerapkan aplikasi Talenta Mobile yang digunakan langsung oleh setiap karyawan dan terintegrasi dengan back office SDM.
Komitmen pengurus dalam memberikan layanan terbaik kepada anggota dapat dibuktikan dengan sertifikasi yang telah diraih. Tercatat KOPNUS telah tersetifikat ISO 9001 : 2015 tentang Sistem manajeman mutu, ISO 14001 : 2004 Tentang Sistem manjemen lingkungan, OHSAS 18001 : 2007 Tentang system manajemen keselamatan dan kesejahteraan kerja, SA : 2008 Tentang tanggung jawab sosial, KONUP juga merupakan koperasi pertama yang mengantongi ISO 15489:2001 tentang Sistem Manajemen Catatan. Selain itu ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang sedang dalam proses implementasi.
Untuk diketahui, KOPNUSawalnya Bernama Koperasi Dana Indonesia dengan jenis koperasi serba usaha. Seiring berjalannya waktu, KOPNUS mengalami beberapa perubahan nama, pada 2013 Koperasi Nusantara resmi berubah nama menjadi Koperasi Simpan Pinjam Nusantara (KOPNUS), sesuai data RAT tahun buku 2022 KOPNUS telahmemiliki Anggota sebanyak 140.546 Anggota.
Selanjutnya pada 2020, KOPNUS menjalin kerja sama dalam bentuk Joint Operation dengan salah satu BUMN, yaitu PT Pos Indonesia (persero). Kerja sama yang dilakukan meliputi penyaluran pinjaman kepada Anggota yang merupakan Pensiunan ASN, TNI, dan POLRI.
Adapun skema pembayaran pinjaman dilakukan dengan memotong langsung uang pensiunan yang dibayarkan melalui PT Pos Indonesia. Selain itu Kerja sama tersebut juga menghasilkan sebuah brand bernama KOPNUSPOS.
Joshua Rahmat berharap di Hari Koperasi Indonesia ke-76, gerakan koperasi semakin solid dan berkontribusi lebih besar dalam menopang perekonomian nasional. “Peringatan Hari Koperasi ke-76 menjadi momentum untuk semakin membesarkan usaha koperasi demi kesejahteraan anggota,” pungkasnya.