Materi acara yang diikuti oleh 140 orang itu daging semua. Mulai dari sinergi bisnis Koperasi BMI Group, inovasi pelayanan hingga spiritual leadership.
Sumber daya manusia berperan penting dalam mendukung tercapainya tujuan organisasi. Oleh karenanya, peningkatan kualitas SDM perlu terus dilakukan salah satunya melalui aktivitas pengembangan kompetensi. Kopsyah BMI menyadari hal ini dengan melaksanakan kegiatan pembekalan top manajemen setiap tahun.
Pada tahun ini, pembekalan top manajemen dilakukan di D’Prima Hotel Tangerang, 25 Februari 2025. Kegiatan untuk meningkatkan kompetensi, leadership, dan memperkuat budaya kerja berlandaskan integritas dan kepedulian itu diikuti oleh 140 top manajemen Kopsyah BMI.
Dalam sambutan pembukaan acara, Direktur Utama Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara, biasa disapa Kambara menegaskan, nilai kejujuran harus menjadi landasan utama dalam sikap insan Koperasi BMI, kesetiakawanan harus diwujudkan dalam semangat kerja sama antaranggota, serta pelayanan maksimal harus dilakukan dengan hati nurani agar koperasi dapat memberikan manfaat yang maksimal.
Tokoh koperasi nasional itu juga mengungkapan pentingnya pengorbanan dalam perjuangan membesarkan koperasi. “Kalau kita ingin mendapatkan yang lebih besar, harus berkorban. Ilustrasinya jika ingin mendapatkan ikan yang besar harus dengan umpan yang besar juga, itu sama dengan ilmu sedekah,” kata Kambara.
Selain menanamkan nilai-nilai profetik pada jajarannya, Kambara juga mengingatkan pentingnya esensi menjadi anggota koperasi. Dalam banyak kesempatan, pria yang dianugerahi MURI sebagai Penggagas Program Hibah Rumah Siap Huni melalui Koperasi itu menekankan bahwa anggota menjalankan tiga peran yakni sebagai pemilik, pengguna, dan pengendali.
Anggota sebagai pemilik harus berkontribusi terhadap modal. Anggota sebagai pengguna harus menggunakan produk koperasi, dan sebagai pengendali harus terlibat langsung mengawasi koperasi.
Para peserta pembekalan Top Manajemen juga mendapatkan beragam materi antara lain Fundamental Rembug Pusat, Sinergi Bisnis Koperasi BMI Group, Strategi Bisnis Berbasis Mitigasi Risiko dan Spiritual Leadership (Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Spiritual) yang mencakup aspek strategi pengelolaan koperasi serta inovasi dalam pelayanan anggota.
Peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Ini menjadi pertanda baik bahwa jajaran manajemen berkomitmen melaksanakan pelayanan kepada anggota dengan berpegang pada prinsip kejujuran, kesetiakawanan, dan pelayanan yang tulus. (Kur)