octa vaganza

Koperasi Sodiaal Prancis, Besar karena Solidaritas

Merger, melakukan diversifikasi usaha hingga berani masuk dalam pasar saham membuat koperasi produsen Sodiaal asal Prancis menjelma menjadi korporasi besar 

Sodiaal adalah bukti bahwa sejumlah koperasi sektor riil kalau bersatu akan bisa lebih kuat lagi. Grup koperasi dari Prancis ini  menelurkan berbagai brand dengan pasar internasional. Seperti  Candida, Entremont, Régilait dan Yoplait.  Koperasi susu yang dimiliki  sekitar 17 ribu petani ini mampu memproduksi 4,7 miliar liter susu, terdiri daru 43 jenis susu yang berbeda baik itu susu sapi, susu domba, susu kambing, susu organik atau konvensional, susu AOP/IGP, susu gunung atau susu non rekayasa genetika.  Sodiaal menghasilkan pendapatan pada 2020 sebesar 4,8 miliar euro.  Koperasi ini mengembalikan dua pertiga keuntungannya untuk petani yang  jadi anggotanya.

Sodiaal  tidak saja punya pasar di Prancis, juga mampu berekspansi di Asia, Afrika, Timur Tengah, AS, dan di Eropa dalam sektor layanan makanan, ritel, dan bisnis-ke-bisnis. Hadir di semua kategori produk susu baik itu susu minum, mentega, krim, keju, susu bayi atau bahan susu. Bertanggung jawab untuk ekspansi internasional, Sodiaal Dairy International (SDI) memiliki kantor di Singapura, Shanghai, Tokyo dan Dakar.  Sebagai catatan sebanyak 50 ribu ton susu diekspor ke luar negeri Prancis.

Perkembangan anyar brand Yoplait dari koperasi sudah masuk ke pasar saham. Pada 2011 perusahaan makanan internasional berbasis di AS  membeli 51% saham di Yoplait dari PAI Partners dengan harga sekitar 1,15 miliar dolar AS pada 2011.

Pada Maret  2021  General Mills Inc  kembali menjual saham mayoritasnya di operasi Eropa Yoplait ke koperasi susu Prancis Sodiaal dengan imbalan kepemilikan penuh atas bisnis pembuat yoghurt di Kanada. General Mills akan membeli 49% kepemilikan Sodiaal di Yoplait Canada Holding Co, menjadikannya anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan AS, sementara Sodiaal akan sepenuhnya memiliki Yoplait S.A.S., unit Eropa.

Sebagai bagian dari kesepakatan, General Mills akan dapat menggunakan merek Yoplait dan Liberté di Amerika Serikat dan Kanada dengan tarif royalti yang lebih rendah. Setelah penyelesaian transaksi, yang diharapkan pada akhir 2021, Yoplait S.A.S. akan mengoperasikan bisnis yoghurt di Prancis, Inggris, dan pasar tertentu lainnya.

Sebagai catatan koperasi di Prancis tumbuh secara luar biasa dan menyumbang 12 persen terhadap PDB nasional. Menghasilkan  putaran uang mencapai 300 miliar euro per tahun. Di Prancis terdapat lebih dari 22.500 koperasi dengan jumlah anggota mencapai 26 juta orang, jumlah pegawai mencapai 1,2 juta orang.

Tumbuh melalui waralaba dan merger 

Pada 1964, enam koperasi bersatu dengan nama Sodima untuk bersama-sama meluncurkan merek produk susu nasional. Sodima lahir berkat kesediaan individu yang diyakinkan akan perlunya bergabung untuk menjawab kebutuhan konsumen Prancis yang terus berubah. Sodima meluncurkan Yoplait dan Candia.

Sejarah mencatat Yoplait berhasil, dalam waktu kurang dari 10 tahun, menjadi pemimpin pasar yoghurt. Merek ini berkembang pesat di seluruh dunia berkat waralaba. Merek Candia sendiri diciptakan pada 1971,  merupakan merek minuman susu Prancis terkemuka yang membentuk industri susu dengan menciptakan kode warna,  misalnya merah untuk susu utuh, biru untuk semi-skim dan hijau untuk skim. Keberhasilannya terletak pada filosofi “membawa produsen semakin dekat dengan konsumen” dan kemampuannya yang kuat untuk berinovasi.

Beberapa koperasi bergabung dengan Sodima selama 25 tahun berikutnya. Kemudian, setelah mengumpulkan kekuatan komersial mereka sepakat melakukan konsolidasi.  Sebelas koperasi regional memutuskan untuk berbagi warisan industri mereka dan untuk mempercayakan pengelolaan kegiatan mereka ke struktur bersama yang menghasilkan pembentukan Sodiaal pada 1989. Sebuah organisasi baru dengan produk diberlakukan: Candia untuk susu, Yoplait untuk produk susu segar dan Idéval untuk keju. Kelompok koperasi baru juga bergerak ke pasar nutrisi dan bahan makanan.

Sodiaal membentuk kemitraan baru selama tahun 2000-an: pendirian Orlait, kemitraan dengan Savencia di CF&R, pembentukan Nutribio, aliansi dengan General Mills di Yoplait. Masih dengan tema penguatan sektor dan diversifikasi seluruh sektor susu untuk mengantisipasi habisnya kuota susu, pengambilalihan Entremont dan merger dengan koperasi membuka cakrawala baru bagi Sodiaal. Grup ini sekarang memiliki keahlian di seluruh sektor susu serta ukuran yang memadai untuk berkembang secara internasional (Irvan).

Exit mobile version