Koperasi Kana Tumbuh 500%, Jadi Ikon Koperasi Konsumen Modern di Indonesia

Koperasi Kana Tumbuh 500%, Jadi Ikon Koperasi Konsumen Modern di Indonesia
Pemimpin Perusahaan Peluang Media Grup Yuni Hegarwati menyerahkan Tropy kepada Ketua Koperasi Kana, Jonathan Danang Wardhana, di 100 KBI 2025, Bali, Kami (19/6)/dok.Peluangnews.id

PeluangNews, Badung – Di tengah tantangan transformasi koperasi di era digital dan persaingan ekonomi yang makin ketat, Koperasi Kana muncul sebagai contoh nyata koperasi konsumen modern yang mampu bertumbuh secara agresif dan profesional. Dalam ajang 100 Koperasi Besar Indonesia (KBI) 2025 yang digelar Peluang Media Group di The Trans Resort Bali, Rabu (19/6/2025), Koperasi Kana dianugerahi penghargaan sebagai Koperasi Konsumen Skala Besar Progresif dengan Pertumbuhan Aset Tercepat.

Kinerja spektakuler koperasi ini tercermin dari lonjakan aset pada tahun buku 2024 yang meningkat lebih dari 500 persen, dari sebelumnya sekitar Rp 20 miliar pada 2023 menjadi lebih dari Rp 100 miliar. Pencapaian ini bukan sekadar angka, melainkan bukti konkret bahwa koperasi bisa menjadi kekuatan ekonomi yang relevan, lincah, dan menjanjikan.

Ketua Koperasi Kana, Jonathan Danang Wardhana, yang menerima langsung penghargaan tersebut, menyebut pencapaian ini sebagai hasil dari sinergi anggota dan pengelolaan yang fokus pada nilai manfaat.

“Kami percaya bahwa koperasi bukan hanya soal iuran dan simpan pinjam, tapi bisa menjadi motor penggerak ekonomi nyata, selama dikelola dengan visi dan strategi yang tepat,” ujar Jonathan.

Pengakuan serupa datang dari Pemimpin Redaksi Majalah Peluang sekaligus Ketua Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia, Irsyad Muchtar. Ia menyebut pertumbuhan pesat Koperasi Kana sebagai pencapaian luar biasa yang mencerminkan dinamika koperasi yang progresif dan berdaya saing.

“Koperasi Kana menunjukkan bahwa koperasi konsumen, bila dijalankan secara profesional, bisa tumbuh eksponensial dan menjangkau sektor riil yang sangat produktif,” ujar Irsyad.

Lebih dari sekadar meraih penghargaan, keberhasilan Koperasi Kana memperlihatkan arah baru perkembangan koperasi di Indonesia: koperasi yang adaptif, transparan, dan punya model bisnis yang terukur. Tak hanya sekadar menjalankan fungsi ekonomi bagi anggota, koperasi ini juga menunjukkan peran strategis dalam mendukung ekonomi kerakyatan yang berbasis komunitas namun berpikiran global.

Ke depan, Koperasi Kana digadang-gadang menjadi role model koperasi konsumen nasional, sekaligus membuka jalan bagi koperasi sektor riil lainnya untuk bertransformasi dan memberi kontribusi nyata dalam pembangunan ekonomi Indonesia. (Aji)

Baca Juga: Koperasi Kana Tangkap Peluang Ekspor Produksi RI ke Mancanegara

Exit mobile version