Peluang News, Jakarta-Amartha, perusahaan teknologi finansial yang fokus pada pemberdayaan UMKM perempuan di perdesaan, kembali mencatat prestasi gemilang di kancah regional melalui ajang HR Asia Awards 2025.
“Amartha kembali meraih penghargaan untuk dua kategori sekaligus, yakni Best Company to Work For in Asia 2025 (Indonesia Chapter) dan The Most Caring Company 2025,” ungkap pihak HR Amartha dalam keterangan resminya.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dengan kinerja terbaik dalam menciptakan “lingkungan kerja yang sehat, inklusif, dan berorientasi pada kesejahteraan karyawan.” Penilaian dilakukan melalui audit menyeluruh yang mencakup kebijakan SDM, keberagaman, komunikasi internal, kepemimpinan, dan program kesejahteraan. Selain itu, digunakan pula indikator Total Engagement Assessment Model (TEAM), termasuk Employee Engagement Survey.
“Tahun lalu, dalam survei internal Amartha meraih skor 133,8, yang dikategorikan sebagai engaged, dengan partisipasi karyawan mencapai 97 persen. Sebanyak 89 persen karyawan menyatakan bangga bekerja di Amartha dan akan merekomendasikannya sebagai tempat kerja yang ideal,” jelas juru bicara Amartha.
Chief of People Officer Amartha, Rine, menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari komitmen perusahaan. “Penghargaan ini adalah cerminan dari komitmen jangka panjang kami dalam membangun budaya kerja yang memberdayakan dan peduli. Kami percaya bahwa kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan adalah pondasi dari dampak sosial yang kami wujudkan,” katanya. Rine menambahkan, “Bagi kami, membangun tim bukan hanya soal produktivitas, tapi juga soal kebermaknaan dan pertumbuhan.”
Sejak didirikan pada 2010, Amartha telah menjangkau lebih dari 50.000 desa dan menyalurkan pendanaan Rp 35 triliun kepada 3,3 juta perempuan pengusaha mikro. Salah satu kekuatan utama Amartha adalah tim internal yang solid dan berdedikasi tinggi. “Amartha memiliki lebih dari 10.000 karyawan (A-Team) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, terdiri dari tenaga lapangan serta pegawai di kantor pusat,” terang Rine.
Untuk mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan karyawan, Amartha mengembangkan berbagai inisiatif strategis, antara lain Amarthapedia—platform pembelajaran digital internal—serta program Management Trainee berdurasi hingga 28 bulan. “Inisiatif wellbeing juga menjadi perhatian utama, dengan pendekatan delapan dimensi kesejahteraan yang mencakup aspek fisik, emosional, sosial, spiritual, hingga finansial,” paparnya.
Selain itu, Amartha aktif membangun komunitas internal melalui kegiatan seperti A‑League Championship, A‑Wish Birthday, BeneRUN, hingga sesi kesehatan mental. “Budaya kerja yang penuh empati, inklusif, dan fokus pada pengembangan individu adalah pondasi kami dalam membangun organisasi berkinerja tinggi. Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh A‑Team yang selalu go above & beyond dalam setiap langkah,” tutup Rine.