Merebaknya pandemi Corona tidak menghalangi Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (Kokarga) untuk melayani anggota. Pasalnya sejak Januari 2020, Kokarga telah meluncurkan Kokarga Mobile yang dapat diunduh pada Play Store. Terobosan ini diambil mengantisipasi perkembangan perusahaan Fintech yang menjamur, sebagai dampak perkembangan teknologi.
Melalui Kokarga Mobile anggota akan dapat bertransaksi secara daring (online) melalui nomor WA PIC Kokarga yang telah dibagikan kepada para anggota lewat Komisariat, sticker yang ditempel di gerai toko, WA blash serta group-group yang ada di Garuda Group.
“Alhamdulillah. Kami dapat menyalurkan pinjaman pada masa corona ini meski nilai pinjaman kami batasi. Kami ingin bersikap adil terhadap semua anggota. Kami sangat memahami kebutuhan anggota pada saat kondisi seperti ini,” kata Ketua Kokarga Delfi Fatra dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-29, Tahun Buku 2019 di Aeropolis Comercial Jl Marsekal Surya Dharma, Neglasari, Tangerang, secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom, Kamis, 15 April 2020.
Dalam RAT itu Delfi menyampaikan, selama 2019 Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (Kokarga) mampu menghimpun dana deposito dari anggota setara Rp98,696 miliar. Dana tersebut telah disalurkan dalam bentuk pemberian pinjaman kepada anggota yang membutuhkan.
“Deposito adalah nafas bagi Kokarga dalam menjalankan aktivitas. Kami berusaha menjaga kuat amanah yang diemban. Saat ini kami tidak lagi menggunakan dana Perbankan untuk pembiayaan bagi anggota,” papar Delfi.
Bukan itu saja, Kokarga membukukan SHU sebesar Rp5.668.977.409 atau setara dengan 111,12% dibandingkan pencapaian 2018.
Sebagai catatan, Kokarga adalah koperasi tertua dilingkungan Garuda Indonesia Group. Anggota Kokarga saat ini adalah berjumlah 6.565 orang yang berasal dari 21 perusahaan dilingkungan Garuda Indonesia Group.
Pengurus juga melaporkan sejumlah usaha yang telah berjalan, antara lain: 1. Toko/mini market berjumlah 4 gerai yang dapat melayani anggota pada jam kerja, 2. Gerai penjualan cargo/ CSC Kokarga yang berada di perkantoran Tangcity. penyewaan kendaraan, pada tahun 2020, 3. Kokarga telah memberikan layanan kepada PT GDPS yang terdiri atas 3 mobil box, 2 mobil patroli, 1 mobil luxio. Mobil sewaan tersebut dioperasikan di sekitar Bandara Soekarno Hatta, 4. Pada 2020 ini, Kokarga sudah mulai menjajaki usaha penyediaan depot air isi ulang sekelas BIRU. Kami beropsesi dapat menjadi besar dengan bekerjasama dengan provider tenaga ahli air alumni ITB.
Selain itu Kokarga pada 2020 ini telah melakukan kerja sama dengan PT GKM dalam penyediaan rumah hunian berbentuk Apartemen Mini yang berlokasi di Rawa Lini di atas tanah PT GKM
“Kokarga memberangkatkan ratusan jamaah Umroh yang bekerja sama dengan anggota Kokarga sendiri,” pungkas Delfi. (Van)