
PeluangNews, Jakarta – Jumlah penumpang Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau Whoosh tembus 9,3 juta orang hingga pertengahan Mei 2025 sejak dioperasikannya secara komersial pada Oktober 2023.
Pencapaian tersebut, menurut General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, menjadi momentum penting dalam menjadikan Whoosh sebagai moda andalan masyarakat untuk bepergian di antara Jakarta-Bandung dengan cepat dan nyaman.
“Ini menjadi bukti bahwa transportasi publik berkualitas dan tepat waktu kini semakin diminati sebagai pilihan utama,” kata Eva dalam keterangan di Jakarta, Selasa (20/5/2025).
Dia merinci, pada 10 Mei 2025, sebanyak 25.316 penumpang tercatat menggunakan Whoosh dalam satu hari. “Ini angka tertinggi sejak Whoosh dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023,” katanya.
Rekor tersebut melampaui catatan sebelumnya yaitu 24.350 penumpang pada 27 Januari 2025, dan 24.132 penumpang pada 5 Juli 2024.
Sebagai perbandingan, lanjut Eva, pada masa awal operasional Oktober 2023, Whoosh hanya mampu melayani 7.474 penumpang per hari. Sepanjang 2024, puncak jumlah penumpang harian tercatat di angka 24.132.
Saat pertama kali diluncurkan pada Oktober 2023, kata dia, Whoosh hanya mengoperasikan 14 perjalanan per hari. Jumlah ini meningkat menjadi 28 perjalanan per hari pada November 2023, lalu menjadi 40 perjalanan per hari pada Desember 2023.
Pada Mei 2024, kapasitas ditingkatkan menjadi 48 perjalanan per hari, dan akhirnya sejak 1 Februari 2025, Whoosh mengoperasikan 62 perjalanan per hari secara rutin.
Sedangkan secara kumulatif, jumlah penumpang Whoosh telah menembus 9,3 juta orang hingga pertengahan Mei 2025. Tonggak 1 juta penumpang berhasil dicapai pada Desember 2023, hanya dalam waktu 2,5 bulan sejak peluncuran.
Sementara itu, pencapaian 5 juta penumpang terjadi pada September 2024.
KCIC menilai, peningkatan jumlah penumpang secara bertahap ini didukung oleh berbagai faktor, antara lain penambahan jadwal keberangkatan, inovasi di bidang ticketing, penambahan fasilitas di kereta dan stasiun, konektivitas melalui berbagai intermoda, promo ke berbagai destinasi wisata, keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan, serta konsisten memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
KCIC berkomitmen menjaga kualitas pelayanan, memperluas jangkauan, serta terus mendukung mobilitas yang efisien dan berkelanjutan di Indonesia.
“KCIC akan terus meningkatkan kualitas layanan, memperkuat integrasi antarmoda, dan menghadirkan perjalanan yang cepat, aman, dan nyaman,” tutur Eva, menambahkan. []