Site icon Peluang News

Kepercayaan Tumbuh, Konsumen E-Commerce Indonesia Meningkat

BPOM Temukan 347 Ribu Produk Pangan dan Obat Ilegal di E-Commerce

Ilustrasi-Foto: Tech in Asia.

Peluangnews, Jakarta – Laporan e-Conomy SEA 2022 menyebutkan sektor digital diperkirakan akan terus tumbuh dan menjadi platform utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan selama 2023. Sekitar 80% konsumen digital di Indonesia akan meningkat atau setidaknya mempertahankan penggunaan layanan digital pada 2023.

Sejalan dengan itu, platform belanja online Tokopedia melaporkan pertumbuhan transaksi online yang positif di berbagai daerah di Indonesia, antara lain seperti Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya.

Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyebut Nias Selatan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Padang Lawas, dan Deli Serdang menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Sumatra Utara lewat Tokopedia pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).

Di sisi lain, sepanjang Januari hingga Mei 2023, Tokopedia melihat pengiriman antarpulau makin meningkat. Pengiriman terjauh terjadi dari Medan (Sumatra Utara) ke Merauke (Papua).

Selain membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan produk fisik, kata Ekhel, Tokopedia juga mempermudah masyarakat dalam mengakses produk digital.

“Pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, E-Samsat, Penerimaan Negara (Pajak Online, Bea Cukai dan Surat Berharga Negara), serta Tiket Kereta Api menjadi sejumlah produk digital yang paling banyak dibeli masyarakat Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya. Transaksi E-Samsat di Sumatra Utara melalui Tokopedia di tahun 2022 bahkan naik sebesar hampir 5 kali lipat,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan resminya, yang dikutip Minggu (25/6/2023)

Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging. Inisiatif tersebut mendekatkan pembeli dan penjual di mana pun berada, agar pembeli bisa mendapatkan lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih efisien.

“Hyperlocal Tokopedia membawa beragam dampak positif. Pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), jumlah pembeli di Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat lebih dari 1,5 kali lipat. Medan, Gunungsitoli, Batu Bara, Pakpak Bharat dan Tanjung Binjai menjadi wilayah di Sumatra Utara dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli,” kata Ekhel.

Tingginya animo belanja online masyarakat juga disambut Bliblimart, kategori produk khusus untuk kebutuhan harian dari PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli), dengan meluncurkan kampanye ‘Dihitung-hitung Pasti Untung’.

EVP Consumer Goods and Lifestyle Blibli Fransisca Krisantia Nugraha mengatakan ada tiga faktor utama pertimbangan pelanggan dalam berbelanja kebutuhan harian, yakni harga yang kompetitif, kualitas dan pilihan produk, serta efektivitas dan efisiensi waktu. “Hal tersebut yang mendasari kami mempertegas komitmen memberikan pelayanan terbaik lewat kampanye Dihitung-Hitung Pasti Untung,” ungkap Fransisca.

Ia menambahkan, Blibli hadir dengan beragam fitur bernilai tambah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Gratis ongkir dan beragam penawaran menarik musiman menjadi solusi bagi pelanggan. Ada juga fitur Langganan untuk memudahkan proses belanja rumah tangga yang diperlukan secara rutin.

“Blibli juga mengedepankan solusi omnichannel lewat fitur Click&Collect untuk menjawab berbagai preferensi pelanggan dalam berbelanja,” kata Fransisca.

Consumer Insights Director NielsenIQ Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan solusi yang diberikan oleh Bliblimart mencerminkan kebutuhan konsumen dalam berbelanja kebutuhan harian.

“Beragam inovasi yang dihadirkan Blibli pada kategori belanja Bliblimart relevan dengan perilaku pelanggan. Aspek harga, kualitas, dan waktu yang jadi tolok ukur pelanggan dalam menentukan pilihan terjawab oleh solusi yang diberikan Bliblimart,” ujar Rusdy. (Aji)

Exit mobile version