hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Kemenperin Gandeng Shopee Galang Kampanye Beli Produk Busana Muslim Lokal

JAKARTA-—Kementerian Perindustrian (kemenperin) menggandeng e-Commerce Shopee menggalang kampanye membeli produk busana muslim lokal.

Kampanye bertajuk ini  #LebaranUntukSemua ini, ditargetkan membangkitkan  gairah dan semangat  positif masyarakat, agar tetap bisa menikmati nuansa Lebaran di masa Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, dengan membeli busana muslim produk lokal, berarti ikut membantu roda pereknomian agar terus berjalan. Hal ini berdampak  ke para perajin, penjahit, logistik dan sebagainya.

“Saya ajak masyarakat dukung keberlangsungan IKM dengan beli produk mereka termasuk busana muslim. Ujungnya  menjaga ketahanan perekonomian Indonesia meski sekarang sedang krisis maha berat akibat Covid-19,” ujar Agus Gumiwang  dalam peluncuran kampanye secara virtual pada Jumat, (8/5/20).

Ia menuturkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Dunia dan ditargetkan sebagai pusat busana  muslim dunia. Namun, pandemi berdampak pada menurunnya tingkat penjualan IKM busana muslim.

Padahal mereka sudah menyiapkan stok produk menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran. Akibatnya, banyak IKM yang memiliki stok produk yang menumpuk karena toko atau pasar tutup karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Maka, kata Agus, perlu adanya pengalihan ke jalur pemasaran daring.  Namun demikian, tidak semua IKM memiliki toko daring (online). Kemudian bagi yang sudah memiliki toko daring, promosi dilakukan secara parsial atau sendiri-sendiri, sehingga dampaknya kurang maksimal.

Sasaran program ini adalah  IKM yang sudah melakukan penjualan di marketplace Shopee ataupun belum pernah berjualan secara daring sama sekali.

“IKM yang belum pernah melakukan penjualan secara daring  akan diberikan pelatihan pemasaran daring  di Shopee secara gratis dengan pengajar dari pihak Shopee,” jelasnya. 

IKM yang terlibat dalam kampanye ini berasal dari Jawa Barat sebesar 31 persen, Jawa Timur 18 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta 13 persen, DKI Jakarta 11 persen, Jawa Tengah 10 persen, serta Sumatera Barat 7 persen. Sisanya dari Banten, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Bali, Kepulauan Riau, Lampung dan Maluku Utara.

Head of Public Policy and Government Relations Shopee Radityo Triatmojo mengatakan, kampanye ini dapat membantu IKM busana muslim mendapat pasar. Sebab, sejak awal Ramadan tahun ini, kunjungan ke Shopee meningkat 25 kali. 

“Ini kesempatan bagi para IKM dapat pasar. Kita sama Kemenperin sekarang sediakan kesempatan lewat kampanye ini,” ujar Radityo pada kesempatan serupa. 

Melalui Kampanye Muslim, lanjutnya, Shopee juga berkontribusi melalui pelatihan daring yang diberikan ke IKM.

“Kami berharap, inisiatif berdampak positif dan senantiasa dapat membantu keberlangsungan IKM Indonesia saat masa pandemi ini hingga seterusnya,” ucap dia.

Kampanye bersama belanja produk busana Muslim dengan tema #LebaranUntukSemua akan dilaksanakan pada 12 sampai 19 Mei 2020 di Shopee Indonesia. Ini bisa diakses melalui banner Khusus di marketplace Shopee. 

pasang iklan di sini