Bali (Peluang) : Kegiatan ini momentum memperluas akses pasar dan memperkenalkan produk UMKM Indonesia kepada delegasi dari berbagai negara.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkolaborasi pada side event KTT G20 menggelar mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 selama ajang G20 pada 15-16 November 2022 di Apurva Kempinski, Bali.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki menyambut baik kolaborasi mini showcase tersebut.
“Dukungan dan kontribusi positif ekosistem Brilianpreneur dalam ajang internasional G20 sangat membantu pertumbuhan UMKM Indonesia,” kata Teten dalam rilisnya, Rabu (16/11/2022).
Menurut Teten, digelarnya KTT G20 menjadi momentum yang tepat untuk menstimulasi kebangkitan perekonomian Indonesia.
Salah satunya inisiatif PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk melalui mini Showcase Apurva Kempinski yang menghadirkan karya terbaik pelaku UMKM untuk diperkenalkan kepada para delegasi.
“Kegiatan ini menjadi inspirasi dan acuan bagi para pelaku UMKM lainnya untuk semangat, bangkit, dan optimistis dalam memajukan produk lokal ke dunia ke pasar global,” kata Teten.
Mini showcase ini merupakan bagian dari rangkaian event Road to UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022. Bertujuan untuk memperkenalkan produk UMKM Indonesia melalui kualitas dan cerita dari proses produksinya kepada delegasi KTT G20.
Sebagai bentuk dukungan dalam penerapan ESG, mini showcase yang bertempat di Apurva Kempinski Bali dimana pertemuan puncak KTT G20 ini dilaksanakan. Secara eksklusif telah memilih 26 produk creme de la crème yang telah terkurasi dari 502 UMKM peserta.
Menurut Teten, saat ini UMKM tidak hanya fokus pada kreativitas dan kualitas, tetapi berupaya untuk melakukan scale up produk kerajinan artisan lokal dengan memahami isu yang berkaitan dengan pilar ESG tersebut serta meresponsnya melalui berbagai strategi bisnis.
Keunikan proses produksi meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas.
“Diharapkan mini showcase ini dapat memberikan gambaran sekilas tentang masa depan produk Indonesia yang tersaji melalui kolaborasi budaya tradisional dengan kontemporer,” kata MenKopUKM.
Terdapat 3 kategori produk yang ditampilkan pada mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, yaitu home decor & craft, accessories & beauty, dan fashion & wastra.
Peserta UMKM berasal dari beberapa provinsi yang mewakili keanekaragaman budaya Indonesia yaitu Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Selatan.
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto menuturkan, melalui showcase ini, BRI berupaya memperkenalkan beberapa Wastra Nusantara yang sudah mendunia yaitu songket, jumputan, tenun ikat, dan batik jawa.
Sedangkan untuk produk aksesoris telah dipilih UMKM dengan produk yang berbahan baku dari alam dan ramah lingkungan. Misalnya tanduk kerbau, limbah kain, limbah logam, daun jagung, dan gedebong pisang.
Selain itu, majalah bekas dan limbah paralon/akrilik yang disulap menjadi produk berupa sangkar burung, produk home decor, clutch, kotak music, radio digital, kacamata, gelang, dan tas.
BRI berharap mini showcase dengan tema ‘Brings MSMEs Indonesia to the World’ pada side event G-20 ini dapat menjadi momentum sarana perluasan akses pasar dan memperkenalkan produk UMKM Indonesia melalui sisi yang berbeda.
“Tentunya dapat dinikmati oleh para pemimpin negara dari anggota KTT G20, pelaku bisnis global hingga organisasi internasional,” kata Amam.
Ia menambahkan, BRI mempersiapkan UMKM agar bisa menghadapi tantangan pasar global yang tentunya tidak mudah karena akan bersaing dengan produk dari mancanegara.
Di antaranya melalui program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM hingga memiliki daya saing dan mencapai standar pasar global.
Upaya menurut Amam, sekaligus untuk memperluas akses pasar UMKM Indonesia keluar negeri
“Kami berharap 26 UMKM yang mewakili di mini showcase ini dapat menjadi inspirasi bagi UMKM lain untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam menghadapi pasar internasional,” kata Amam.
Setelah penyelenggaraan mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pada side event G20 ini, BRI bersama KemenkopUKM akan meneruskan kolaborasinya pada acara puncak UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di JCC Jakarta pada Desember 2022.
Kolaborasi itu dengan berbagai rangkaian kegiatan dan pendampingan untuk UMKM go online dan go global.
Kedua pihak juga akan mempersiapkan business matching dengan berbagai buyer lokal dan internasional sebagai perluasan pasar UMKM peserta.
Saat ini buyer lokal ataupun internasional dapat menentukan jadwal business matching dan mendapatkan informasi UMKM peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR melalui www.brilianpreneur.com.
“Diharapkan dengan terwujudnya sinergi kolaborasi Bank BRI bersama KemenKopU akan mampu mengakselerasi semakin banyaknya UMKM Tangguh dan berdaya saing kelas dunia,” pungkas Amam.