JAKARTA—-Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga membuka secara resmi Kampung Ramadhan 1440 H yang diselenggarakan di halaman depan kantor Kemenkop UKM di Jakarta, Senin (20/5/2019). Perhelatan rutin tahunan ini merupakan kegiatan Kemenkop untuk pemenuhan kebutan menjelang lebaran, baik bagi karyawan maupun masyarakat sekitarnya.
Pada tahun ini, Kampung Ramadan digelar selama dua hari, yaitu pada 20 hingga 21 Mei dan berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Selain untuk kebutuhan lebaran, kegiatan ini sarana bagi produsen untuk mempromosikan produknya.
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria br Simanungkalit dalam sambutannya mengatakan, Kampung Ramadan diikuti 90 perserta terdiri dari 16 UKM produk busana dan kelengkapannya, 14 UKM makanan dan minuman, serta 60 usaha besar pabrikan dengan produk kebuthan sehari-hari.
“Kami juga menyediakan klinik konsultasi terkait dengan HKI/merek, ISO hingga HACCP dan sosialisasi toko daring (online) Kopri yang bisa dimanfaatkan pegawai atau pelaku UKM,” tutur Victoria.
Victoria menambahkan kegiatan Kampung Ramadhan ini bersinergi dengan kegiatan Korpri dan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM, berupa kegiatan penyerahan santunan dan pemberian paket sembako kepada anak-anak keluarga Kementerian dan sekitar kantor, didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), CSR Bulog, hingga sponsor perusahan besar antara lain PT Khong Guan Biscuit Factory, PT Milko Beverage Industry, PT Faretina Ayam Brand, PT Diamondfair Ritel Indonesia, PT Yupi Indo Jelly Gum, PT Fastrata Buana, PT Javaindo Maju Sejahtera, dan PT Garuda Food.
Dalam ajang Kampung Ramadhan ini juga Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM ymemberikan perhatian khusus bagi para anak yatim dengan memberikan santunan berupa perlengkapan alat sekolah dan alat ibadah.
“Bulog juga berpartisipasi memberikan 300 paket sembako dan Baznas yang memberikan santunan bagi 200 orang”, pungkas Victoria