Peluang News, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) targetkan transaksi Trade Expo Indonesia 2024 mencapai US$15 miliar atau setara Rp 243 miliar. Target ini naik 4 miliar dolar AS dibanding Trade Expo Indonesia tahun lalu.
Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam acara Launching Trade Expo Indonesia 2024 ke-39, Jumat (31/5) lalu, di Jakarta. Pameran dagang internasional bertajuk Trade Expo Indonesia 2024 ke-39 ini akan dilaksanakan pada 9-12 Oktober mendatang. Kemendag targetkan Pameran akan menghadirkan pelaku usaha dan pengunjung baik dari dalam negeri maupun negara mitra dagang lainnya.
Zulhas, sapaan Mendag, menargetkan transaksi dalam Trade Expo Indonesia tahun ini mencapai US$15 miliar atau setara Rp 243 miliar. Angka tersebut naik dari terget tahun sebelumnya yaitu US$11 miliar, meskipun angka transaksi melampaui target yakni US$30,5 miliar.
“Kalau targetnya 15 miliar dolar AS nanti prestasinya 40 miliar dolar AS. Jadi target enggak boleh tinggi dulu, karena kalau capai yang tinggi itu prestasi,” ujar Zuhlas, dalam keterangannya yang dikutip pada Ahad (2/6/2024)
Menurut Zulhas, target tersebut naik lantaran ekonomi Indonesia dan global sudah mulai membaik paska pandemi. Meskipun ada tantangan global, seperti konflik dan naiknya Suku bunga, dirinya optimistis bisa mencapai atau bahkan jauh melampaui target seperti tahun sebelumnya.
“Tahun lalu kita berhasil menghasilkan potensi transaksi mencapai 30,5 miliar dolar AS, targetnya 11 miliar dolar AS. Oleh karena itu, tahun ini berapa targetnya? Kalau sebelumnya 10 miliar dolar AS, naik 11 miliar dolar AS, tahun ini kita 15 miliar dolar AS. Ini kan ekonomi bagus, sudah ada tanda-tanda,” ucapnya.
Selain target transaksi, Zulhas juga menargetkan jumlah pengunjung tahun ini mencapai 30.000 orang dari seluruh dunia. Sedangkan exhibitor diharapkan bisa mencapai 1.000.
“Kita harapkan ini dapat menjadi momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” kata dia.
Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengatakan, penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2024 mengangkat tema ‘Build Strong Connection with the Best of Indonesia‘. Pameran itu akan menampilkan berbagai produk Indonesia dalam tiga zona yaitu produk food and beverage serta agrikultur, produk manufaktur dan perlengkapan rumah. (Aji)