hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

KB Bank Akui Rasionalisasi Karyawan, Manajemen Beberkan Alasan dan Arah Transformasi

KB Bank Akui Rasionalisasi Karyawan, Manajemen Beberkan Alasan dan Arah Transformasi
Loby KB Bank (dulu bernama bank Bulopin)/dok.ist

PeluangNews, Jakarta — KB Bank memastikan langkah penyesuaian struktur organisasi yang dilakukan perseroan merupakan bagian dari strategi transformasi jangka panjang untuk memperkuat fundamental bisnis di tengah dinamika industri yang kian berubah cepat. Demikian disampaikan Manajemen KB Bank saat menjelaskan muncul informasi mengenai rasionalisasi sekitar 800 karyawan  dari redaksi peluangnews.id, Senin (1/12/2025).

Industri perbankan nasional, diakui manajemen KB Bank,  saat ini menghadapi perubahan struktural yang besar, mulai dari percepatan digitalisasi, perubahan perilaku nasabah, hingga tuntutan efisiensi operasional yang semakin ketat. Kondisi ini memaksa seluruh bank untuk memastikan model bisnis dan struktur organisasinya tetap kompetitif.

Manajemen KB Bank menjelaskan kalau perusahaan telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap struktur organisasi, proses bisnis, hingga kebutuhan kompetensi karyawan untuk mendukung arah pertumbuhan jangka panjang.

“Penyesuaian organisasi, termasuk resizing pada sejumlah posisi, diperlukan agar KB Bank memiliki struktur yang tepat, efisien, dan responsif terhadap strategi jangka panjang,” demikian penjelasan manajemen.

Menurut KB Bank, langkah ini ditempatkan sebagai bagian dari strategi memperkuat fundamental bisnis, meningkatkan produktivitas, serta membangun landasan pertumbuhan yang lebih sehat. Perseroan juga menegaskan bahwa penghargaan setinggi-tingginya diberikan kepada seluruh karyawan atas kontribusi dan dedikasinya selama proses transformasi berlangsung.

Manajemen menekankan bahwa seluruh proses dilakukan sesuai ketentuan ketenagakerjaan. Hak dan dukungan bagi karyawan terdampak dijanjikan akan diberikan secara penuh.

“Proses penyesuaian dilakukan secara bertahap, hati-hati, dan mematuhi seluruh aturan ketenagakerjaan. Komunikasi yang jelas, terbuka, dan bertanggung jawab akan terus diprioritaskan,” tambah manajemen.

KB Bank percaya bahwa langkah ini diperlukan untuk menghadapi persaingan industri yang semakin kompetitif, terutama di era digitalisasi perbankan yang menuntut struktur organisasi lebih ramping dan agile.

Perseroan juga menegaskan komitmennya untuk menjalankan seluruh proses transformasi dengan menjunjung tinggi integritas, prinsip kehati-hatian, serta tata kelola perusahaan yang baik. (Aji)

Baca Juga:KB Bank Belum Bisa Keluar dari Tekanan, Optimis Bakal Segera Profit

pasang iklan di sini