Peluang News, Jakarta – KB Bank pekan ini resmi mengoperasikan core banking system yang baru sebagai bagian dari transformasi bisnis bank tersebut. Modernisasi core system tersebut dilakukan untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi dan tuntutan pasar yang semakin dinamis.
Direktur Utama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bank) Tom (Woo Yeul) Lee mengatakakan perubahan dalam industri perbankan tidak bisa dihindari. Nasabah perbankan kini menginginkan keamanan, kecepatan, dan kemudahan dalam setiap transaksinya.
Karena itulah bank tersebut kemudian melakukan inisiatif untuk memodernisasi infrastruktur IT dengan mengimplementasikan Next Generation Banking System (NGBS) sebagai sistem inti layanan perbankan.
“NGBS ini bukan sekadar pembaruan teknologi. Ini merupakan bagian dari langkah KB Bank menuju masa depan perbankan yang lebih modern, cepat, dan relevan,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dipublikasikan pekan ini.
NGBS yang diinisiasi oleh KB Bank sejak tahun 2021 ini, akan menggantikan sistem inti sebelumnya yang memiliki keterbatasan efisiensi secara operasional dan terfragmentasi sehingga sudah tidak mampu memenuhi tuntutan layanan perbankan saat ini.
Sistem NGBS diyakini akan mampu mendukung bank tersebut dalam pengembangan produk dan layanan baru dengan lebih efisien.
Proses otomatisasi dalam NGBS juga akan mengurangi ketergantungan pada pengoperasioan secara manual, sehingga meningkatkan produktivitas dan meminimalkan risiko kesalahan. Dilengkapi dengan Integrated Compliance and Regulatory Monitoring, NGBS memberikan keunggulan bagi KB Bank untuk mengelola risiko dan kepatuhan regulasi dengan lebih proaktif.
Lee menjelaskan NGBS memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan secara seamless, baik melalui kanal digital seperti mobile banking dan internet banking, maupun secara fisik di kantor cabang. Dengan data nasabah yang terpusat, setiap interaksi menjadi lebih personal dan relevan dengan kebutuhan masing-masing nasabah.