Ide-ide marketing yang kreatif selain menguntungkan perusahaan sekaligus menguntungkan konsumen. Kehadiran produk inovatif akan membantu pelanggan untuk tak berpaling ke produk lain.
KREATIVITAS dalam marketing adalah penerapan konsep dan ide kreatif ke dalam strategi pemasaran Anda dengan tujuan menjual produk atau layanan. Contoh dari penjualan kreatif yang umum dilakukan yaitu dengan mengadakan promo beli satu gratis satu. Kreativitas marketing turut meningkatkan pemahaman konsumen terhadap produk yang ditawarkan dan hal ini sendiri membantu marketing menyelaraskan strategi pemasaran yang akan dilakukan.
Memasukkan ide marketing kreatif itu sangat penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuan dari pemasaran yang dilakukannya. Ide-ide marketing yang kreatif selain menguntungkan perusahaan juga membantu konsumen. Kehadiran produk inovatif akan membantu pelanggan untuk tak berpaling ke produk lain, sehingga mereka tetap memakai produk perusahaan tersebut. Menurut Indeed ada beberapa alasan utama pentingnya kreativitas dalam bidang marketing.
Membangun kesadaran merek
Dengan memberikan kreativitas dalam marketing bisa berpotensi untuk mengembangkan merek dari perusahaan anda. Membangun merek anda dari waktu ke waktu dapat membedakan anda dari para kompetitor dan meningkatkan kemampuan konsumen dalam mengenali merek dari perusahaan anda.
Memungkinkan kolaborasi dengan audiens
Pemasaran yang kreatif membuka peluang bagi perusahaan agar memahami lebih jauh dan ikut terlibat dengan audiens. Anda akan lebih berhasil dalam menarik hati dari audiensi dengan mengambil pendekatan kreatif. Hal ini pun sangat membantu strategi marketing untuk memahami pendapat, perasaan dan kebutuhan dari audiens, sehingga mampu menciptakan kolaborasi yang bisa dilakukan bersama audiens.
Menghemat sumber daya berharga
Dengan menggunakan ide marketing kreatif, pemasaran anda dapat menghemat anggaran dan periklanan. Jika tim marketing bisa membuat materi iklan yang dijalankan dengan ide yang baik, maka tidak perlu untuk berinvestasi dalam iklan secara besar-besaran. Makin banyak anda memberikan ide-ide kreatif maka biaya pemasaran jauh lebih efektif.
Meningkatkan performa kinerja
Mengombinasikan data dan ide kreativitas berpengaruh secara signifikan dalam peningkatan kinerja dari konten pemasaran yang anda buat. Anda bisa mengukur dan menentukan keberhasilan pemasaran bagi audiens yang ditargetkan. Seiring berjalannya waktu, anda akan mempelajari lebih lanjut jenis konten materi iklan yang menarik bagi audiens, bagaimana mereka dapat terlibat dengan iklan, dan perubahan apa yang dapat dilakukan untuk menaikkan tingkat keterlibatan dari audiensi.
Cara mengaplikasikan creative marketing
Untuk dapat mengaplikasikan creative marketing, harus ada keselarasan dengan tujuan, merek, dan target pasar anda. Ada beberapa cara yang dapat digunakan supaya bisa mengaplikasian creative marketing ini.
Sebelum memulai, anda harus dapat mencari ide untuk pemasaran yang akan dilakukan. Anda butuh inspirasi dalam mencari ide-ide yang menarik. Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Lewat mengamati dan mencari data dari iklan yang telah berhasil ataupun berdiskusi dengan rekan kerja dari departemen lain.
Berfokus pada tantangan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan pendekatan kreatif anda demi menjangkau pelanggan dari berbagai kalangan. Cobalah bekerja sama membuat sebuah kolaborasi dengan departemen lain yang mengembangkan strategi kreatif untuk menghasilkan suatu ide baru. Dekatkan diri anda dengan departemen lain. Memperlakukan departemen secara fleksibel memungkinkan hal tersebut dapat terjadi.
Strategi lain yang dapat digunakan yaitu dengan memperhatikan pengalaman pelanggan. Anda dapat melakukan dengan memberikan kesan terhadap produk perusahaan anda, hingga daya ingat pelanggan akan berfokus kepada produk anda. Dengan berfokus terhadap daya ingat ini, kemungkinan pembelian produk oleh pelanggan dari perusahaan anda akan meningkat. (Nay)