JAKARTA—Ramadan adalah bulan istimewa yang ditunggu bagi kaum muslimin. Bagi para pelaku bisnis bulan ini bisa memberikan peluang usaha yang harus dicermati.
Meta, sebagai salah satu platform pemanfaatkan teknologi yang digunakan para entrepreneur untuk memasarkan produknya mengajak para pelaku usaha untuk bersiap.
Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian mengungkapkan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi masyarakat untuk menata rumah hingga berkirim hadiah dengan kerabat. Kebiasaan ini kemudian membuat konsumen menjadi lebih terbuka terhadap produk baru.
Meta menemukan bahwa keterbukaan orang-orang terhadap hal baru selama Ramadan terjadi di lintas negara.
Studi menunjukkan bahwa 69% pembeli pada waktu Ramadan tertarik mencoba produk baru dari luar negeri dan satu dari dua pembeli pada waktu Ramadan di seluruh dunia (47%) melakukan sedikitnya satu pembelian lintas negara.
Riset yang dilakukan membuktikan bahwa mereka membeli berbagai kategori produk dari luar negeri. Sebut saja fesyen, elektronik, produk kesehatan dan kecantikan, makanan dan minuman, serta barang desainer.
“Saat ini, pelaku bisnis menggunakan teknologi untuk mendukung pengalaman pelanggan yang mendorong penemuan produk lintas negara dengan cara yang dipersonalisasi dan menarik,” ucap Pieter dalam keterangan persnya, Kamis (17/3/22).
Lanjut dia, Meta mengembangkan produk dan solusi untuk membantu pelaku bisnis melakukan marketing yang dipersonalisasi di seluruh perjalanan pelanggan.
Dengan teknologi yang terus dikembangkan tersebut, Meta berharap dapat membantu pelaku bisnis untuk menjangkau lebih banyak audiens, menjalin hubungan erat dengan konsumen, serta menciptakan pengalaman pelanggan yang bebas hambatan terutama sepanjang Ramadan.
Belanja lintas negara ini dilatarbelakangi berbagai alasan. Mulai dari produk yang lebih berkualitas, ekonomis, atau tidak tersedia di dalam negeri. Selain itu, sepertiga responden juga membeli dari peritel luar negeri dengan harapan menemukan produk baru yang menarik selama Ramadan.
Bagi pelaku usaha yang ingin menjangkau pelanggan di pasar internasional kini semakin mungkin dengan berbagai teknologi yang ada. Salah satunya hadir di Meta yaitu solusi Worldwide and Regional Targeting.
Dengan solusi ini, pelaku usaha bisa menjangkau pelanggan melalui iklan yang sesuai dengan lokasi. Selain itu juga disesuaikan dengan tipe konsumen di negara yang ingin dijangkau.
Meta menyarankan pembuatan konten yang relevan bagi pelanggan untuk membangun koneksi dengan pelanggan. Sehingga mereka semakin nyaman untuk beralih dari iklan menuju transaksi pembelian.