hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Gandeng YDBA, Asuransi Astra Tekankan Literasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM Perempuan

Gandeng YDBA, Asuransi Astra Tekankan Literasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM Perempuan/Dok. Ist

Peluang News, Jakarta – Sebagai upaya untuk menekankan digitalisasi dan literasi keuangan bagi para pelaku UMKM perempuan, Asuransi Astra bersama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menggelar kegiatan Literasi Keuangan yang dikemas dalam Talkshow, Morning Talks with MSMEs di Jakarta, pada Jumat (8/3/2024).

Sekretaris Pengurus YDBA, Emma Poedjiwati Prasetio mengatakan, kegiatan ini dikhususkan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perempuan, khususnya dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari itu.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Asuransi Astra bersama YDBA dalam mendukung arahan dari OJK dalam peningkatan literasi keuangan masyarakat pada 2024.

Apalagi, salah satu di antara lima sasaran prioritas kegiatan literasi dan inklusi ini adalah para pelaku UMKM di tanah air.

Oleh karena itu, ia berharap agar kegiatan ini tidak hanya membuat masyarakat semakin tercerahkan mengenai digitalisasi dan literasi keuangan, melainkan juga dapat menjalankannya secara bertahap.

Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mendukung bisnisnya untuk menjadi bisnis yang semakin naik kelas dan mandiri.

“Jadi, di Hari Perempuan Internasional ini, kami berharap ibu-ibu dapat menunjukkan perannya dalam dunia bisnis. Mari kita buktikan bahwa perempuan itu pasti bisa berkontribusi untuk Indonesia,” ujar Ema dalam keterangannya, Selasa (12/3/2024).

Sementara itu, salah satu UMKM Mandiri Binaan YDBA, Leony Agus Setiawati memberikan wawasan dan pengalamannya melalui sesi sharing dalam kegiatan ini.

Ia berbagi cerita mengenai bagaimana penerapan digitalisasi yang ia lakukan dalam usahanya secara bertahap.

Adapun penerapan tersebut mulai dari penggunaan media sosial yang mengikuti tren maupun segmentasi pasar saat ini hingga pembukuan usaha yang bisa menggunakan aplikasi.

“Kita semua menyadari bahwa saat ini kegiatan bisnis tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa, terlebih kemajuan teknologi yang sangat pesat memaksa para pelaku bisnis untuk mengoptimalkannya,” kata Leony.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada para peserta untuk selalu concern atau memperhatikan sejumlah hal dalam menjalankan bisnis.

Sejumlah hal yang harus diperhatikan tersebut di antaranya yaitu audience atau persona, konsep dan tujuan bisnis, materi konten visual yang menarik dan sesuai tema, serta strategi planning perusahaan dan konten yang relevan.

Tak hanya itu, ia juga mengajak para peserta untuk terus belajar, praktik, dan berkolaborasi dalam menjalankan bisnis.

Hal ini dikarenakan, menurutnya, value dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting dan para pelaku usaha juga harus dapat mengoptimalkan digitalisasi, baik dari segi marketing maupun manajemen agar tidak tertinggal dari perkembangan teknologi.

pasang iklan di sini