dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Festival Mendem Duren 2018 Singosari Sajikan 20 Ribu  Durian

Sebuah stand di Festival Duren Mandem 2018 di Singosari-Foto: Ciciek Kemalasari.

MALANG—-Ciciek Kemalasari melenggangkan kakinya dengan riang gembira dari rumahnya di Singosari. Tujuannya  bertandang ke Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018 yang digelar di halaman gedung Pusat Kerajinan Kendedes, tepatnya seberang pasar Singosari.

Lokasinya yang  berada di pinggir jalan raya protokol Malang menuju Surabaya membuat  acara ini berlangsung selama 5 hari, 20-25 Desember 2018 diserbu para  pecinta durian.

“Ada yang bilang mahal, tetapi menurut saya  tidak.  Saya beli  tiga buah duren seharga Rp100 ribu. Rasanya enak sekali. Durian yang dijual di sana kebanyakan durian lokal, tetapi dagingnya tebal,” ucap dia, ketika dihubungi Peluang, Jumat (21/12/2018).

Menurut Ciciek, durian   yang disajikan di sana antara lain berasal dari  Ngantang . Situs lokal menyebutnya sebagai durian Jingga. Dagingnya bertekstur tebal berwarna jingga, serta bercita rasa manis legit plus terasa agak kesat di mulut. Saat musim durian bisa ditemukan dijajakan sepanjang Waduk Selorejo. Sementara di Wagir, terdapat wisata petik buah durian.

Terdapat 40 stan dengan lebih dari dua  puluh ribu buah  durian  di festival ini. Selain dari Ngantang, bazar menghadirkan durian dari daerah luar Malang seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, serta Bali.

Menurut  Dwi Karno Yusuf Prihambodo, panitia, dari DMR Production  bazar duren di Singosari dalam rangka juga menyambut liburan sekolah dan libur Natal tahun 2018 ini. “Tiap libur Natal sampai Tahun Baru, banyak wisatawan luar kota melewati Singosari menuju Malang Raya. Karena itu kami sajikan di Singosari,”  ujar  Dwi.

Lanjut dia lagi Festival Mendem Duren berlangsung juga di kawasan lain secara non stop.  saat ini, juga sedang berlangsung di halaman parkir Plaza Gempol Citi Nine, Raya Pandaan, Kab Pasuruan, tanggal 14 – 25 Desember 2018. Kemudian tur berlanjur ke Bangkalan pada 29 Desember hingga 5 Januari 2019 dan Kota Malang  2 hingga 6 Januari  2019 (Irvan Sjafari).