Penjajakan kerja sama dengan ritel modern segera dilakukan untuk penggunaan layanan dompet digital Koperasi BMI.
Layanan digital kini menjadi kebutuhan masyarakat dalam setiap aspek karena menawarkan kemudahan, kecepatan, dan keamanan. Koperasi BMI Group sebagai salah satu koperasi besar di Indonesia telah melakukan transformasi digital dengan meluncurkan aplikasi BMI Mobile dan Doit BMI sejak tiga tahun silam.
Melalui aplikasi digital tersebut, anggota semakin mudah dalam melakukan beragam transaksi seperti pembayaran di merchant-merchant milik Koperasi BMI Group, Transfer ke sesama anggota maupun ke seluruh bank (transfer ke bank). Transformasi digital itu merupakan upaya dalam membumikan peradaban baru koperasi Indonesia.
Saat acara halalbihalal pada awal Mei lalu di kantor pusatnya, Presiden Direktur Koperasi BMI Group Kamaruddin Batubara atau biasa disapa Kambara menuturkan bahwa akan memperluas akses layanan BMI Mobile dan Doit BMI melalui kerja sama dengan ritel-ritel modern.
“Kami berencana untuk menjalin kerja sama dengan jaringan ritel modern dalam pemanfaatan BMI Mobile dan Doit BMI,” ungkap Kambara.
Perluasan akses BMI Mobile dan Doit BMI merupakan ikhtiar untuk mewujudkan peradaban baru koperasi Indonesia di mana pilarnya antara lain koperasi harus besar dan dikelola profesional. Untuk itu, kerja sama dengan pihak lain perlu ditingkatkan agar semakin banyak yang mengakses layanan koperasi.
Selama ini BMI Mobile dan Doit BMI digunakan oleh anggota secara terbatas di toko ritel, kafe, toko bangunan maupun warung-warung milik anggota Koperasi BMI yang telah bekerja sama. Seiring dengan sosialisasi dan edukasi yang terus dilakukan, jumlah transaksi maupun nominal transaksinya semakin meningkat.
Direktur Utama Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI) Radius Usman mendukung rencana perluasan akses BMI Mobile dan Doit BMI tersebut. Hal itu dinilainya akan meningkatkan kenyamanan anggota dan memperbesar bisnis koperasi.
“Kerja sama dengan ritel modern dalam penggunaan BMI Mobile dan Doit BMI akan meningkatan volume transaksi yang pada gilirannya akan menguntungkan koperasi, mitra, dan anggota,” ujar Radius.
Selama ini, seluruh jaringan unit bisnis Kopmen BMI telah memfasilitasi penggunaan Doit BMI dalam transaksi anggota. Melalui dompet digital tersebut, anggota merasa terbantu karena dinilai lebih cepat dan nyaman ketika melakukan transaksi. Radius menambahkan, dengan semakin meleknya anggota dalam penggunaan layanan digital ia yakin perluasan akses penggunaan BMI Mobile dan Doit BMI akan mendapatkan dukungan. “Kami meyakini anggota bakal senang karena layanan dompet digital Koperasi BMI akan dapat digunakan di banyak ritel modern,” pungkasnya. (Kur)