octa vaganza

Developer Game Indonesia Seharusnya Bisa Merajai Pasar Lokal

JAKARTA—-Indonesia merupakan pasar industri game atau permainan elektronik terbesar di Asia Tenggara dan menduduki peringkat ke -17 dunia.  Dari segi populasi sebanyak 52 juta penduduk Indonesia yang merupakan gamer.

Sayangnya  pada 2020 hanya 0,4% industri lokal yang terlibat di pasar gim Indonesia. Padahal produk Indonesia ada yang mendapat di sejumlah negara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan jajarannya mendukung ekosistem industri gim Tanah Air.

Salah satu upaya ke arah, Kemkominfo menggelar Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021. Lewat ajang ini lahir produk-produk game yang bisa bersaing dengan game developer global.

“Dunia akan melihat Indonesia bukan sekadar pasar tapi juga pemain penting dalam tatanan industri gim dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya melalui rekaman video dalam IGDX 2021 Conference, yang berlangsung hibrida dari Kuta, Bali, Sabtu (20/11/221).

Momentum ini dapat mendorong perkembangan industri game dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem game nasional dan kapasitas pelaku industri rkeatif di Indonesia.

Dalam IGDX 2021 berlangsung empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak dari pelaku industri gim baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya berharap  para game developer lokal kita mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, jejaring baru,” ucap Menkominfo.

Penyelenggaraan IGDX 2021 menjadi sarana yang mampu menampung aspirasi pelaku industri game Tanah Air.  Johnny mengapresiasi IGDX Conference 2021 yang berlangsung secara hibrida. Menurutnya,

Lanjutnya, peserta yang hadir saat penyelenggaraan IGDX di tahun 2019, sebanyak 66,1% diantaranya merupakan kalangan profesional. Peserta terbanyak kedua dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebanyak 16,1%.

Dalam IDGX virtual tahun ini sebanyak 40 peserta pameran menyajikan produk game lokal. Sepuluh peserta diantaranya merupakan partner dari universitas dan perusahaan gim luar negri. Sementara sebanyak 1.124 peserta hadir dalam platfom virtual IGDX.

Exit mobile version