hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Corak Kreativitas dalam Pemasaran  Dewasa Ini

Pemasarantelah menjadi lebih kompleks dan ketat. Pemasar perlu menguasai analisis data, pengalaman pelanggan, dan desain produk. Artinya, perlu cara berpikir baru terkaitkreativitas pemasaran.

Ilustrasi

BEKERJALAH dengan pelanggan, tak cuma untuk pelanggan. Semua orang suka berbicara tentang menjadi “customer-centric.” Tetapi, pelanggan saat ini bukan hanya konsumen; mereka juga pencipta, mengembangkan konten dan ide—dan menghadapi tantangan—bersama anda. Kreativitas dalam pemasaran mengharuskan bekerja dengan pelanggan sejak awal untuk menenun pengalaman mereka.

Brocade, penyedia solusi data dan jaringan, menciptakan program “pelanggan pertama” dengan mengidentifikasi 200 pelanggan teratas mereka, yang merupakan 80% dari penjualan mereka. Mereka bekerja dengan para pelanggan ini untuk memahami sumber-sumber kepuasan mereka dan mengidentifikasi bidang kekuatan dan kelemahan.

Investasikan dalam pengalaman ujung ke ujung. Pemasar kreatif mengambil pandangan yang lebih luas dan memperhatikan seluruh pengalaman pelanggan dari ujung ke ujung. Ini termasuk produk, proses pembelian, kemampuan memberikan dukungan, dan hubungan pelanggan dari waktu ke waktu. Itu butuh waktu dan sumber daya–di samping pemikiran kreatif untuk masalah yang tidak dikenal.

Ubah semua orang menjadi advokat. Dalam lanskap media dan sosial yang terfragmentasi, pemasar tidak dapat lagi mencapai tujuan mereka untuk kesadaran dan reputasi hanya melalui media dan PR berbayar. Orang adalah saluran baru. Cara untuk memperkuat dampak adalah dengan menginspirasi kreativitas orang lain. Perlakukan semua orang sebagai perpanjangan dari tim pemasaran anda: karyawan, mitra, dan bahkan pelanggan.

Bawa kreativitas ke pengukuran. Di masa lalu, pemasaran mengukur keberhasilan dengan tetap berpegang pada anggaran dan memenangkan penghargaan kreatif. Saat ini, kemampuan untuk mengukur data dan menyesuaikan strategi secara real-time memungkinkan pemasaran untuk membuktikan nilainya bagi bisnis dengan cara yang sepenuhnya baru.

Cisco telah menciptakan dasbor online waktu nyata dimana seluruh organisasi pemasaran dapat melihat kinerjanya. Tim kepemimpinan melakukan evaluasi mingguan untuk menilai, “Apakah yang kita lakukan berhasil?” Analisis ini dapat dilakukan di berbagai inisiatif digital, geografi, saluran, atau bahkan setiap konten. Hasilnya adalah kemampuan untuk dengan cepat menyesuaikan dan mengalokasikan kembali sumber daya.

Zscaler, platform keamanan berbasis cloud untuk bisnis, menciptakan Value Management Office. Office membantu setiap klien menentukan, mengukur, dan melacak tujuan bisnis unik mereka yang terkait dengan implementasi Zscaler. Zscaler dan klien saling meminta pertanggungjawaban atas hasil spesifik, terukur, berdasarkan waktu.

OpenTable baru-baru ini meluncurkan aplikasi pendamping hanya untuk restoran agar memanfaatkan lebih baik data yang telah mereka kumpulkan melalui sistem reservasi mereka. Restauranteurs sekarang dapat menguasai bisnis mereka langsung dari smartphone, memungkinkan mereka untuk dengan mudah menjawab pertanyaan seperti “Bagaimana kinerja terakhir anda?”

Aplikasi ini dapat memberi tahu mereka jika mereka kurang memperhatikan pemesanan, dan segera mereka akan dapat mengaktifkan kampanye pemasaran untuk meningkatkan pemesanan. Lebih dari 50% pelanggan restoran di layanan berbasis cloud OpenTable sudah menggunakan aplikasi ini, mengunjungi rata-rata 9 kali sehari, 7 hari seminggu.

Selalu berpikir seperti startup. Di masa lalu, pemasar perlu menjadi manajer yang efektif, menetapkan tujuan jauh sebelumnya dan kemudian bekerja sesuai anggaran untuk mencapai tujuan tersebut. Saat ini, pemasar kreatif perlu beroperasi lebih seperti wirausaha, terus-menerus menyesuaikan diri untuk mempertahankan “kecocokan produk/pasar”. Perubahan yang terjadi dalam perilaku konsumen, teknologi, dan media mendefinisikan kembali sifat kreativitas dalam pemasaran. Ukuran keberhasilan pemasaran bukanlah input, apakah itu kualitas konten atau kampanye, tetapi lebih pada nilai output, apakah itu pendapatan, loyalitas, atau advokasi.

pasang iklan di sini