
PeluangNews, Jakarta – Badan Gizi Nasional (BGN) membuka layanan pengaduan khusus program Makan Bergizi Gratis (MBG). Bila terjadi permasalahan, bertanya atau ingin memberikan masukan terkait program ini, masyarakat dapat menelepon ke call center Sentra Aduan Gizi Indonesia (SAGI) di nomor 127.
Layanan pengaduan ini beroperasi selama 24 jam.
Kepala BGN Dadan Hindayana mengharapkan, layanan ini dapat mewadahi siswa, orangtua, sekolah, penyedia katering, hingga masyarakat umum untuk memberikan laporan, masukan, hingga memperoleh edukasi terkait pemenuhan gizi.
“Nanti setelah seluruh aduan dan pertanyaan terkait dengan program MBG dan pemenuhan hak gizi anak di Indonesia, dapat dilayani oleh 127 orang yang bertugas setiap hari dan akan melayani setiap pertanyaan dan aduan yang ada,” kata Dadan
saat acara peluncuran SAGI 127 di Jakarta, dikutip Selasa (18/11/2025).
Menurut dia, layanan pengaduan ini merupakan sarana pelibatan publik dan pengawasan bersama terhadap kualitas penyelenggaraan MBG di seluruh Indonesia.
MBG merupakan program prioritas pemerintahan Kabinet Merah Putih yang baru dilaksanakan, sehingga perlu banyak masukkan untuk penyempurnaan.
“Ketika kita harus memenuhi hak anak Indonesia atas akses terhadap makan bergizi dengan menu, maka pasti tentu banyak pertanyaan, banyak laporan, banyak penemuan. Dan sekarang kan tidak hanya media sosial, tapi kita juga harus memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk melaporkan asesmen apa saja kepada BGN,” ujarnya.
Sebelum pengaduan SAGI 127, BGN telah membuka saluran pengaduan melalui nomor telepon tertentu yaitu 088293800268 (Operator 1) dan 088293800376 (Operator 2).
Namun saluran pengaduan ini hanya beroperasi selama Senin-Jumat, pada pukul 09.00-22.00 WIB. “Setiap laporan akan diverifikasi dan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas BGN Khairul Hidayati beberapa waktu lalu.
Selain menerima aduan, saluran ini juga berfungsi sebagai pusat informasi. Masyarakat dapat menghubungi hotline untuk menanyakan teknis program, distribusi pangan, maupun standar kualitas yang diterapkan dalam MBG.
Selain kanal resmi BGN, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga membuka posko pengaduan masyarakat untuk program MBG. Program ini kerap didapati kasus keracunan makanan yang dialami oleh para siswa penerima MBG.
Berikut pengaduan yakni konsumen@ylki.or.id dengan tautan Google form htps://bit.ly/pengaduankonsumenMBG, bisa juga disampaikan langsung ke Kantor YLKI di Jl. Pancoran Barat VII No 1 Duren Tiga, Jakarta Selatan. []







