octa vaganza

Cara Kreatif Menyiasati Produk

 Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan ~ Winston Churchill (PM Inggris 1940-45 dan 51-55).

 

PADA era bisnis yang makin kompetitif, strategi bisnis yang kreatif akan sangat membantu. memperebutkan pasar. Strategi tak lain darijawaban tepat atas situasi pasar yang senantiasa berubah. Ketika pasar mulai bergerak kearah lain, pebisnis dituntut secepatnya menemukan strategi baru. Jurus baru. Berikut contoh strategi bisnis yang dapat anda adopsi dalambisnis anda.

Amati produk pesaing, lalu naikkan nilai anda setingkat. Saat anda bersaing didalam pasar yang kompetitif, diferensiasi produk merupakan keharusan. Buat produk anda berbeda dengan produk sejenis (yang ada dipasaran). Caranya?Resepnyaadalah cukup dengan memberikan unique value, sesuatu yang khas dan belum pernah ada. Alhasil, produk anda akan stand-out dipasar.

Murah efektifmelalui sosial media. Menerapkan strategi beriklan tidak lagi mahal seperti di media-media konvensional.Kini tersedia pilihan untuk beriklan di sosial media yang relatif lebih murah dan terukur. Beberapa diantaranya adalah dengan Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan Google Adwords.Jika anda berhasil menarik perhatian pengguna sosial media, iklan atau campaign yang anda lakukan bisa menjadi viral.Itu sangat bagus untuk pemasaran produk anda.

Beriproduk gratis, untuk menarik minat. Coba perhatikan,bukankah sudah banyak yang membagi-bagikan produk gratis atau freemium? Artinya, “gratis tapi berkualitas”. Hal ini mereka lakukan agar dikenal netizen sebagai ahli pada segmen yang sejenis dengan produk gratis tadi.Contohnya, jika anda ingin mem-branding diri sebagai pakar parenting, bagikan produk e-book tentang cara mengenal sifat-sifat anak.Anda sudah melakukannya? Jika belum, segeralahmulai sekarang juga.

Batasi produk gratis. Contoh strategi bisnis perusahaan kelas dunia seperti Buffer, Hootsuite, WordPress, bahkan Youtube yang belakangan ini akan mengeluarkan Youtube Red yaitu Youtube versi berbayar. Mereka memberikan service mereka secara gratis tapi terbatas.

Buffer pada produk gratisnya hanya bisa menjadwal hingga 10 tweet sehari, jika ingin lebih ya bayar! Strategi yang sama dilakukan oleh Hootsuite. WordPress meberikan space lebih untuk data jika memilih Premium Plan, begitu juga beberapa produk service lainnya.

Perkecil target market. Strategi ini terbilang unik.Alih-alih mengembangkan varian produk ataupun service, kita malah mengurangi hal-hal tersebut. Contoh strategi bisnis seperti ini dilakukan oleh Instagram.Mereka mengubah platform sosial medianya dari penggabungan Facebook dan Foursquare menjadi hanya fokus ke foto.

Buat varian produk terkait satu sama lain. Melihat contoh strategi bisnis Google, poin ini perlu ditambahkan. Tersedia sejambreng produk mulai dari Google Plus, Adsense, Maps, Search Engine, Digital Books, Wallet dan banyak lagi, Google melebarkan varian produknya. Hebatnya, semua bisa diakses hanya dengan satu akun Google.Contoh strategi lainnya dapat dilihat dari cara Facebook mengakuisisi startup-startup unggulan, mulai dari Whatsapp hingga Instagram. Kini, kita bisa beriklan di Instagram di Facebook, lo.

Tetap lakukan guerilla promotion. Guerilla Promotionadalah promosi konvensional menggunakan stiker atau poster, spanduk, baliho hingga umbul-umbul. Mungkin saja cara berpromosi seperti ini sudah usang.Jangan salah, beberapa target market melihat ini sebagai promosi yang valid.Dengan strategi ini calon pembeli yakin bahwa produk memang benar ada bukan asal dipromosikan lewat digital banner di sosmed.●(Nay)

Exit mobile version